Thursday, February 25, 2016

Eksotisme Tempat Wisata Pantai Pok Tunggal Gunungkidul, Jogja

pantai di jogja, wisata pantai,
EksotismeTempat Wisata Pantai Pok Tunggal Gunungkidul, Jogja- Sebagai salah satu tujuan wisata di Jogja, Pantai Pok Tunggal Gunungkidul memang menjanjikan keindahan panorama laut yang eksotis. Keberadaannya bisa disejajarkan dengan pantai-pantai lain, di Gunungkidul khususnya, seperti Pantai Indrayanti, Pantai Baron, dan Pantai Jogan. Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Anda akan membutuhkan waktu perjalanan selama sekitar 2.5 jam dari pusat kota Yogyakarta untuk dapat tiba di lokasi pantai ini. Rute yang bisa Anda tempuh adalah sebagai berikut:
Yogyakarta >> Imogiri >> Panggang >> Jln. Saptosari >> Tepus >> (ikuti arah ke Pantai Baron) >> Sebelum pertigaan Pantai Baron belok kiri arah Pantai Indrayanti >> Sampai pertigaan Kawasan Pantai Indrayanti belok kiri (ikuti jalan beraspal) >> Pos Retribusi >> lihat papan nama dan petunjuk arah “PANTAI POK TUNGGAL” >> ikuti jalan Cor Blok (jalan batu) >> Pantai Pok Tunggal (lihat Pohon Duras sisi kanan jalan masuk)
Berbeda dengan Pantai Jogan yang indentik dengan keindahan air terjunnya, Pantai Pok Tunggal termasuk tempat wisata pantai yang terbilang ikonik karena keberadaan sebuah pohon Duras di sana. Pohon tersebut tumbuh dengan rindang tepat di bibir pantai. Hal ini membuatnya menjadi ikon bagi tempat wisata pantai ini.
Perjalanan dari pusat kota Jogja untuk sampai ke Pantai Pok Tunggal Gunungkidul memang terbilang cukup menguji nyali wisatawan, apalagi setelah melewati Kota Wonosari menuju lokasi pantai. Namun terlepas dari sulitnya rute yang harus ditempuh, Gunungkidul, Jogja, memang menawarkan pesona keindahan puluhan pantai yang membentang sepanjang pesisir kabupaten ini. Keberadaan pantai-pantai tersebut layaknya sebuah surga tersembunyi di balik gundukan bukit-bukit kapur yang gersang.
Setelah perjalanan Anda sampai pada 2 kilometer terakhir mendekati lokasi wisata ini, Anda sudah ditunggu medan yang sulit, sempit, lebih banyak kelokan, bahkan cenderung terjal. Adrenalin Anda akan benar-benar diuji ketika melewati tikungan tajam dengan bongkahan karang besar yang menjorok tepat di atas kepala. Namun demikian, pemandangan ‘mengerikan’ akan tampak indah dan sangat alami jika Anda mencoba untuk menikmatinya.
Setelah melewati rute sulit tersebut, rasa ngeri dan lelah Anda pasti akan terbayar lunas. Sebab, Anda akan mendapatkan sajian panorama yang benar-benar istimewa dan eksotis setibanya di Pantai Pok Tunggal ini. Hamparan pasir putih yang luas sesekali disapu ombak biru yang menghempas dengan tenang akan memanjakan mata Anda. Jika benar-benar bisa menikmatinya, Anda merasakan suasana yang begitu damai. Rasa lelah dan capek yang mendera tubuh dan pikiran Anda akan hilang seketika.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, kedatangan Anda di pantai ini akan disambut oleh sebatang pohon Duras yang berdiri kokoh. Uniknya, pohon ini adalah satu-satunya pohon (pohon tunggal) yang tumbuh di sana. Keberadaan pohon ini pula yang konon menginspirasi pemberian nama pantai ini, yang berarti “Pohon Tunggal”.
Pesona lain dari Pantai Pok Tunggal Gunungkidul adalah tebing-tebing tinggi yang berbaris sejajar dan terlihat kokoh seolah menjadi benteng bagi pantai ini. Ketinggian tebing yang mencapai 50 meter ini sangat cocok jika dikembangkan menjadi arena panjat tebing.
Di antara tebing-tebing yang tersebar di sekeliling Pantai Pok Tunggal, Anda masih dapat menjumpai berbagai primata liar yang hidup di sana. Beberapa di antaranya adalah sekelompok monyet liar yang sesekali terlihat melompat di antara tebing pada arah timur pantai tersebut.
Keunikan lain dari Pantai Pok Tunggal adalah mata air tawar yang bisa Anda jumpai di sana. Mata air ini diyakini berasal dari aliran sungai bawah tanah yang memang menjadi ciri khas kawasan bukit karst. Keberadaannya menjadi berkah tersendiri bagi warga setempat yang kemudian memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Di sore hari, ada satu momen yang pastinya ditunggu oleh setiap wisatawan yang berkunjung ke sebuah objek wisata pantai, yaitu sunset. Oleh karena itu, Anda akan sangat rugi jika melewatkan panorama indah ini. Meskipun demikian, setelah menikmati sunset di sana, Anda harus berhati-hati ketika berjalan pulang. Sebab, rute dari pantai yang harus Anda lalui tidak dilengkapi lampu penerangan yang memadai. Jalan yang sempit, terjal, berkelok, dan berbatu bisa membuat Anda celaka jika tidak berhati-hati.
sunset di pantai, wisata pantai di jogja

Bagi Anda yang menyukai kegiatan outdoor, kawasan wisata pantai ini juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat alternatif berkemah. Tentu akan menjadi momen yang akan sulit untuk Anda lupakan ketika Anda menikmati suasana malam di tenda ditemani terpaan angin malam dengan debur ombak sebagai musiknya. Jika tidak ingin repot membawa tenda sendiri, penduduk lokal banyak yang siap menyewakan tenda bagi Anda yang memang ingin bermalam di kawasan Pantai Pok Tunggal ini. Selain itu, penginapan dan tempat makan tentu tidak akan sulit untuk Anda temukan di pantai ini.
Demikianlah sekilas info tentang EksotismeTempat Wisata Pantai Pok Tunggal Gunungkidul, Jogja. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lain di Jelajah Keindahan Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.


Load disqus comments

0 komentar