Monday, June 29, 2015

Eksotisme Tempat Wisata Pulau Kumala Tenggarong

Pulau yang memiliki luas sekitar 81,7 hektar ini dulunya hanya merupakan lahan tidur yang dipenuhi oleh semak belukar. Akan tetapi, semuanya berubah ketika pemerintah daerah mulai mengembangkan pulau ini sebagai objek wisata sejak tahun 2000.
Saat ini, Anda yang berwisata ke pulau ini bisa menikmati beragam wahana seperti jet closter, bombom car, gokart, komedi putar, kolam renang, akuarium raksasa, dan kereta gantung. Di samping itu, Anda juga bisa melihat Kota Tenggarong dari ketinggian sekitar 75 meter dengan menaiki planetarium (sky tower) yang terdapat di pulau ini. Sedangkan bagi Anda yang ingin berkeliling sambil menikmati panorama alam di pulau ini, pihak pengelola juga menyediakan kereta mini yang bisa Anda sewa.

Pulau Kumala
Pulau Kumala dilihat dari atas
(pariwisatakukar.wordpress.com)

Setelah puas dengan beragam wahana yang ada di Pulau Kumala, sayang rasanya jika Anda tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi Museum Mulawarman yang berada tepat di depan pulau ini. Di museum ini, Anda akan menemukan beragam koleksi benda-benda purbakala peninggalan Kesultanan Kutai Kartanegara dan koleksi-koleksi kuno lainnya. Dengan begitu, Anda juga akan menikmati Wisata Sejarah di sana. Selain itu, tidak jauh dari lokasi terdapat Jembatan Kutaikertanegara yang menghubungkan Kota Tenggarong dengan Kota Samarinda. Jembatan yang memiliki panjang sekitar 712 meter dan lebar sekitar 6 meter ini terlihat sangat indah di malam hari. Pemandangan yang indah tersebut berasal dari lampu-lampu yang berwarna-warni yang dipasang di sisi kanan dan kiri jembatan ini.

Museum Mulawarman
Museum Mulawarman

Objek wisata Pulau Kumala berada di Sungai Mahakam, Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Bagi Anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini, perjalanan bisa dimulai dari Kota Samarinda yang berjarak sekitar 27 km dari Kota Tenggarong. Setelah sampai di tepi Sungai Mahakam, perjalanan bisa Anda lanjutkan dengan menyewa perahu motor kecil atau kereta gantung (cable car) dengan waktu tempuh sekitar 5 menit.  
Bagi Anda yang ingin menginap, ada dua alternatif yang bisa Anda pilih, yaitu menyewa penginapan atau bermalam di alam bebas dengan memanfaatkan fasilitas camping ground yang ada di kawasan wisata ini. Sedangkan bagi Anda yang ingin mencari makan, di sekitar lokasi juga terdapat banyak warung makan yang bisa Anda pilih. Selain itu, di sekitar kawasan wisata ini juga terdapat beberapa toko cenderamata yang menyediakan oleh-oleh khas daerah ini. 

Eksotisme Senja di Pulau Kumala
(lensakukar.com)

Load disqus comments

0 komentar