Monday, June 22, 2015

Tempat Wisata Gua Jatijajar di Kebumen

Gua yang terbentuk dari batu kapur ini memiliki panjang sekitar 250 meter dengan tinggi 12 meter, lebar 15 meter, dan ketebalan langit-langitnya 10 meter. Gua yang memiliki tinggi sekitar 50 meter ini, bila diukur dari permukaan laut, baru dibangun dan dikembangkan menjadi objek wisata pada tahun 1975.
Kedatangan Anda di kawasan wisata ini akan disambut oleh sebuah patun dinosaurus yang sekaligus menjadi pintu masuk ke dalam gua. Patung tersebut semakin mempesona karena terlihat mengeluarkan air. Air tersebut adalah muara dari mata air yang ada di dalam gua, yaitu dari Sendang (Sungai) Kantil dan Sendang Mawar. Sedangkan di dalam gua, pemandangan yang lebih indah sudah menanti Anda. Untuk menambah kenyamanan wisatawan, pihak pengelola memasang lampu penerangan mulai dari pintu masuk hingga pintu keluar. 

Gua Jatijajar
Pintu Masuk Gua Jatijajar
(abnkebumenku.wordpress.com)

Selain itu, di tengah-tengah ruangan gua terdapat kursi yang melingkar yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat. Dari tempat duduk ini, wisatawan bisa melihat indahnya stalagtit, stalagmit, dan tiang kapur. Di tempat ini pula, wisatawan bisa 8 buah diorama dan 32 buah patung. Patung-patung tersebut menceritakan kisah tentang Raden Kamandaka, yang kemudian dikenal dengan Legenda Lutung Kasarung. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menuruni tangga dan mendatangi empat buah sendang yang ada di sana, yaitu Sendang Mawar, Sendang Kantil, Sendang Jombor, dan Sendang Puser Bumi. Selain itu, Anda yang datang bersama keluarga juga bisa memanfaatkan fasilitas berupa taman bermain dan taman keluarga yang ada di kawasan wisata ini.

Diorama di dalam Gua Jatijajar
Diorama di dalam Gua Jatijajar
(javapromo.com)

Setelah puas menikmati keindahan Gua Jatijajar, ada baiknya Anda melanjutkan perjalanan wisata Anda menuju Pantai Ayah, yang jaraknya hanya sekitar 8 km dari kawasan wisata ini. Di pantai ini, Anda bisa melakukan banyak aktivitas, seperti bermain pasir pantai ataupun duduk sambil menikmati keindahan panorama alamnya.

Pantai Ayah Kebumen
Pantai Ayah yang berjarak sekitar 8 km dari Gua Jatijajar
(beritatrans.com)

Kawasan wisata Gua Jatijajar masuk ke dalam wilayah Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Bagi Anda yang ingin mendatangi kawasan wisata ini, perjalanan bisa dimulai dari Terminal Gombong dengan naik bus jurusan Gombong-Jatijajar. Jarak yang harus Anda tempuh adalah 21 km ke sebelah barat daya Kecamatan Gombong.
Bagi Anda yang ingin berlama-lama di kawasan wisata ini, banyak penginapan, seperti hotel dan home stay yang bisa Anda sewa. Sedangkan bagi Anda yang ingin mencari makan, di sekitar kawasan wisata ini terdapat banyak warung makan dengan menu yang menggugah selera. Selain itu, Anda juga tidak akan kesulitan untuk mencari oleh-oleh khas Kebumen, seperti makanan lanthing yang banyak dijual di kios-kios yang ada di kawasan wisata ini.
Load disqus comments

1 komentar: