Saturday, June 20, 2015

Tempat Wisata Alam dan Religius Colo Kudus

Tempat wisata ini berada di Pegunungan Muria yang memiliki ketinggian sekitar 1.602 m di atas permukaan laut. Namanya sendiri diambil dari nama sebuah desa yang ada di kaki gunung tersebut. Objek wisata yang bisa Anda datangi di kawasan wisata ini ada empat, yang bisa dikategorikan menjadi dua, yaitu wisata alam dan wisata religius.Sesuai dengan lokasinya, daya tarik utama dari kawasan wisata ini adalah pesona alam pegunungan yang mengagumkan serta udaranya yang bersih dan sejuk. 

Pegunungan Muria
Pesona alam Pegunungan Muria
(suaramerdeka.com)

Objek wisata pertama yang bisa Anda kunjungi adalah objek wisata religius, yaitu Makam Sunan Muria. Makam dari salah satu wali songo ini terletak di puncak Gunung Muria dan bisa dicapai dengan menaiki sekitar 700 tangga dari pintu gerbang lokasi wisata ini.

makam sunan muria
Tangga menuju Makam Sunan Muria
(wikimedia.org)

Makam sunan muria
Makam Sunan Muria
(tempatwisatadaerah.blogspot.com)

Tidak jauh dari lokasi makam, Anda bisa menemukan objek wisata yang kedua, yaitu Air Terjun Monthel. Anda bisa berjalan kaki sekitar 30 menit sambil menikmati pemandangan alam yang indah untuk tiba di air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter tersebut. Selain kesejukan udara yang berasal dari perkebunan teh, Anda juga bisa mandi dan menikmati segarnya air terjun ini.

Air Terjun Monthel
Air Terjun Monthel
(buanyak.com)

Objek wisata ketiga yang bisa Anda kunjungi adalah Wisata Alam Rejenu. Kawasan wisata alam yang hanya berjarak sekitar 3 km dari Makam Sunan Muria ini berada di ketinggian sekitar 1.150 m di atas permukaan laut, tepatnya di Pegunungan Argo Jembangan. Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa mengunjungi beberapa objek wisata di kawasan ini, yaitu Makam Syekh Sadzali (santri Sunan Muria), Sumber Air Tiga Rasa, yaitu rasa tawar-tawar masam, rasa yang mirip dengan minuman ringan bersoda, dan rasa mirip minuman keras sejenis arak, serta Air Terjun Gonggomino.

Air Terjun Gonggomino
Air Terjun Gonggomino
(way2east.com)

Lokasi terakhir yang bisa Anda kunjungi adalah Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar. Objek yang berjarak sekitar 3 km dari arah selatan Makam Sunan Muria ini berada di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, kawasan wisata yang terletak di kawasan hutan pinus ini sangat cocok untuk kegiatan perkemahan dan lintas alam. 

Wana Wisata Kajar
Wana Wisata Kajar
(wisataeksotik.blogspot.com)

Kawasan wisata ini masuk ke dalam wilayah Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya yang berjarak sekitar 18 km ke arah utara dari pusat Kota Kudus tidak membuat kawasan wisata ini sulit dijangkau. Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, perjalanan bisa dimulai dari Terminal Kudus dengan naik angkutan umum yang menuju Desa Colo.
Meskipun lokasinya yang terletak di Pegunungan Muria, Anda yang datang ke kawasan wisata ini tidak perlu mengkhawatirkan masalah akomodasi dan fasilitas. Bagi Anda yang ingin menginap, di kawasan ini terdapat Graha Muria, yang dibangun sebagai tempat peristirahatan, penginapan, dan ruang pertemuan. Sedangkan bagi Anda yang ingin mencari makan, di sekitar kawasan ini terdapat warung makan yang menyajikan menu khas Colo, yaitu nasi pecel pakis, ayam bakar, dan buah parijoto. Selain itu, Anda juga tidak akan kesulitan untuk mencari kios-kios suvenir yang menjual cenderamata khas daerah ini, seperti tongkat colo dan kayu pengusir tikus.
Load disqus comments

0 komentar