Wednesday, June 24, 2015

Tempat Wisata Batu Raden Purwokerto

Kawasan wisata yang memiliki suhu antara 18°C-25°C ini sudah terkenal sebagai objek wisata sejak tahun 1928. Namanya sendiri berasal dari bahasa Jawa, yaitu Batur yang artinya bukit dan Raden yang artinya bangsawan. Kawasan wisata ini menempati lahan seluas 16,5 hektar. Batu Raden berada pada ketinggian pada ketinggian sekitar 640 meter di atas permukaan laut.

Baturaden
Pemandangan alam tempat wisata Baturaden yang asri
(indonesia.travel)

Daya tarik utama dari kawasan wisata ini adalah banyaknya objek wisata yang bisa Anda datangi. Batu Raden sendiri adalah objek wisata utama yang menawarkan pemandangan alam yang indah khas pegunungan. Objek wisata lain yang bisa Anda datangi adalah Taman Botani. Di taman ini, Anda bisa melihat berbagai jenis tanaman hias, tanaman bongsai, dan tanaman langka, seperti tanaman havana, daun dewa, brimulia, keladi tikus, antarium lipstik, palem paris, lidah gajah, dan widoro laut. Selain itu, Anda juga bisa mendatangi sebuah air terjun yang indah dengan nama Curug Gede yang berjarak sekitar 3 km dari Batu Raden. Berikut adalah beberapa objek wisata lain yang bisa Anda datangi di kawasan wisata ini:
  • Pancuran Pitu, yang berjarak 2,5 km dari Batu Raden.
  • Pancuran Telu yang memiliki suhu 400C.
  • Wana Wisata dengan panorama alam yang indah khas hutan dan berjarak sekitar 2 km dari Batu Raden.
  • Telaga Sunyi dengan airnya yang jernih dan terletak di sebelah timur Batu Raden dengan jarak sekitar 3,5 km.
Pancuran Pitu Baturaden
Pancuran Pitu Baturaden
(indoinfotraveller.com)

Di samping itu, pihak pengelola juga menyediakan beragam wahana yang bisa Anda manfaatkan, seperti kolam renang, kolam luncur, pijat lulur belerang dan mandi air panas, sepeda air, mogen atau mobil genjot, komedi putar, dan kereta mini .
Kawasan wisata Batu Raden terletak di sebelah selatan kaki Gunung Slamet, tepatnya di sebelah utara Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Jarak yang harus ditempuh dari Kota Purwokerto adalah sekitar 14 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, perjalanan bisa dimulai terminal Kebondalem Purwokerto dengan naik angkutan umum yang menuju lokasi wisata Batu Raden.    


Telaga Sunyi Baturaden
Telaga Sunyi Baturaden
(fotowisata.com)

Sebagai objek wisata yang terkenal, di sekitar kawasan wisata ini bisa ditemukan banyak penginapan, mulai dari wisma hingga villa yang bisa Anda sewa untuk menginap. Anda juga tidak akan kesulitan untuk mencari warung makan dan restoran di sekitar kawasan wisata ini.
Untuk urusan oleh-oleh, Anda bisa mendatangi kios-kios cinderamata, yang menjual beraneka jenis barang, seperti pakaian, sepatu, sandal, jaket, mainan anak-anak, dan aksesoris lainnya.
Load disqus comments

0 komentar