Tuesday, June 9, 2015

Eksotisme Tempat Wisata Pulau Weh

Pulau yang menjadi tempat kota Sabang berada ini memiliki banyak daya tarik. Daya tarik tersebut berasal dari beberapa pantai yang ada di sekitar pulau ini, seperti Pantai  Kasih, Pantai Tapak Gajah dan Pantai Sumur Tiga,  Pantai Ujung Kareung (Ujung Karang), dan Pantai Anoi Itam (Pasir Hitam), Pantai Gapang, dan Pantai Iboih.
Di antara pantai-pantai tersebut, Pantai Pantai Iboih adalah tempat wisata yang paling populer. Hal ini tidak terlepas dari pesona alam yang dimilikinya berupa warna lautnya yang hijau sehingga menjadi surga bagi para penyelam. 

Panorama alam Pulau Weh
Panorama alam Pulau Weh
(1hal.com)

Selain itu, wisatawan yang datang ke Pulau Weh juga bisa melihat keindahan panorama alam Pulau Rubiah yang bisa terlihat jelas dari Pantai Iboih. Pulau yang hanya memiliki luas sekitar 2.600 hektar ini memiliki taman laut yang terkenal. Yang membuat pulau ini istimewa adalah keanekaragaman biota laut yang dimilikinya, seperti ganggang, ikan bulu ayam, terumbu karang, kima raksasa, dan ketam kelapa. 

Pemandangan Bawah Laut Pulau Weh
Pemandangan Bawah Laut Pulau Weh
(wisatapantai.com)

Karena jaraknya yang hanya sekitar 150 meter dari Pantai Iboih, wisatawan yang ingin mendatangi pulau ini bisa dengan berenang. Sedangkan bagi wisatawan yang tidak bisa berenang, di tempat ini tersedia tambang yang bisa digunakan untuk bergelayutan ke pulau tersebut. Selain itu, wisatawan juga bisa menyewa speed boat.
Tempat lain yang bisa dikunjungi di kawasan wisata Pulau Weh ini adalah Tugu Kilometer Nol. Tugu ini adalah sebuah bangunan yang menjulang setinggi 22,5 meter dan terletak pada ketinggian 43,6 m di atas permukaan laut (dpl). Selain itu, dari tugu ini wisatawan juga bisa menikmati keindahan panorama alam di sekitarnya, khususnya pada sore hari.
Kawasan wisata Pulau Weh terletak sekitar 32 km dari Banda Aceh, Ibu Kota Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Wisatawan yang ingin datang ke pulau ini bisa memulai perjalanan dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh. Dari pelabuhan tersebut, wisatawan bisa menumpang kapal cepat yang membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Selain itu, wisatawan juga bisa menempuh jalur udara dari Banda Aceh yang hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit.
Terkait fasilitas dan akomodasi, wisatawan yang berkunjung Pulau ini tidak perlu khawatir karena segala kebutuhan mereka bisa ditemukan di Kota Sabang yang terletak di pulau ini. Selain itu, akomodasi yang cukup lengkap juga bisa Anda temukan di sekitar kawasan wisata Tugu Kilometer Nol.

Eksotisme Keindahan Alam Pulau Weh
Eksotisme Keindahan Alam Pulau Weh
(triptrus.com)
Load disqus comments

0 komentar