Tuesday, June 30, 2015

Eksotisme Tempat Wisata Danau Tahai Palangkaraya

Terbentuknya danau yang merupakan jenis danau dataran rendah ini ada versi, yaitu terbentuk karena akumulasi genangan air di lokasi penambangan pasir dan karena adanya perubahan aliran Sungai Kahayan yang kemudian membentuk genangan air yang tidak lagi mengikuti aliran sungai tersebut. 

Danau Tahai
Indahnya panorama alam di Danau Tahai
(yusufrina.wordpress.com)

Uniknya, air danau ini berwarna merah. Hal ini disebabkan oleh akar-akar pohon di lahan gambut yang ada di sekitar danau ini. Selain itu, Anda juga akan menemukan pemandangan unik lainnya, yaitu rumah terapung atau rumah lanting. 

Rumah lanting
Rumah lanting yang terdapat di Danau Tahai
(galeriwisata.wordpress.com)

Di samping menikmati panorama alam tersebut dari pinggir danau, Anda juga bisa menyusuri danau ini dengan memanfaatkan fasilitas yang ada seperti sepeda air angsa, perahu dayung, dan perahu bermotor. Setelah puas menikmati keindahan danau ini, sayang rasanya jika Anda tidak menyempatkan diri untuk mendatangi lokasi Penangkaran Orangutan Nyaru Menteng yang lokasinya tidak jauh dari Danau Tahai. Di sana, Anda bisa melihat secara langsung proses penangkaran orangutan. Selain itu, Anda juga bisa menikmati merdunya suara kicauan burung dan panorama alam khas hutan.

sepeda air angsa
Sepeda air angsa yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk menyusuri danau
(jalan2.com)

Objek wisata Danau Tahai berada di Desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kotamadya Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Akses menuju objek wisata ini tergolong mudah karena bisa dicapai dengan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, perjalanan bisa dilakukan dengan naik bus jurusan Palangkaraya-Sampit dan turun di Desa Tahai. Selanjutnya, perjalanan bisa Anda lanjutkan dengan berjalan kaki menuju lokasi.
Bagi Anda yang mencari makan, rumah makan terapung yang ada di objek wisata ini adalah pilihan yang tepat. Sedangkan bagi Anda yang ingin menginap, di sekitar danau terdapat beberapa penginapan yang bisa Anda sewa. Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang lainnya, seperti tempat karaoke, mushala, dan WC umum.
Load disqus comments

0 komentar