Monday, June 29, 2015

Eksotisme Tempat Wisata Taman Nasional Tanjung Puting Kalimantan Tengah

Taman nasional yang sudah ada sejak tahun 1936 berada di ketinggian 0-100 meter di atas permukaan laut. Objek wisata ini merupakan kawasan konservasi untuk melindungi beragam jenis satwa langka. Selain itu, taman nasional ini juga kaya akan flora, seperti meranti, jelutung (dyera costulata), gaharu, dan lain-lain. 
 
Taman Nasional Tanjung Puting
Menyusuri sungai di Taman Nasional Tanjung Puting
(detik.com)

Sedangkan kekayaan faunanya meliputi jenis mamalia, reptil, dan burung.  Beberapa di antara mamalia tersebut adalah mamalia langka seperti orangutan, bekantan, dan owa-owa. Untuk jenis reptil, Anda bisa menemukan buaya sinyong supit, buaya muara, dan bidawang. Sedangkan untuk jenis burung, taman nasional ini dihuni oleh sekitar 200 jenis burung. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar kawasan wisata ini dengan memanfaatkan fasilitas menara pengamat yang disediakan oleh pihak pengelola.
 
Taman Nasional Tanjung Puting
Orangutan yang hidup bebas di Taman Nasional Tanjung Puting
(wisatatanjungputing.blogspot.com)

Objek wisata Taman Nasional Tanjung Puting masuk ke dalam wilayah Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat dan Kecamatan Hanau serta Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah. Akses menuju objek wisata ini bisa dicapai dengan dua jalur, yaitu jalur laut dan jalur udara. Bagi Anda yang memilih jalur laut, perjalanan bisa dimulai dari kot-kota seperti Semarang, Surabaya, dan Banjarmasin. Sedangkan bagi Anda yang memilih jalur udara, Anda harus singgah terlebih dahulu di Pangkalan Bun, Ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat. Sebab, hanya di Pangkalan Bun inilah terdapat bandar udara yang menghubungkan dengan kota-kota seperti Ketapang, Palangka Raya, Sampit, Banjarmasin, dan Semarang.
Bagi Anda yang ingin menginap, ada dua alternatif yang bisa Anda pilih, yaitu menyewa penginapan yang banyak terdapat di sekitar objek wisata ini atau bermalam di alam bebas dengan memanfaatkan fasilitas camping ground. Sedangkan bagi Anda yang ingin mencari makan, di sekitar kawasan wisata ini juga terdapat beberapa warung makan dan restoran yang bisa Anda pilih. Selain itu, pihak pengelola taman nasional ini juga menyediakan beberapa fasilitas lain seperti masjid, wisma tamu, dan wisma peneliti.

Taman Nasional Tanjung Puting
Burung Kingfisher di Taman Nasional Tanjung Puting


Load disqus comments

0 komentar