Saturday, June 6, 2015

Tempat Wisata Pulau Umang

Pantai Pulau Umang
Pantai Pulau Umang
Dermaga Pulau Umang
Dermaga Pulau Umang
Salah satu objek wisata alam yang menjadi andalan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten adalah Pulau Umang. Nama Umang diberikan karena di pulau ini terdapat banyak binatang umang/klomang (hermit crab), yaitu sejenis binatang yang memiliki cangkang menyerupai keong. Pulau ini baru diresmikan sebagai kawasan wisata pada tahun 2004. Meskipun demikian, wisatawan yang ingin berekreasi ke pulau ini akan mendapatkan rasa nyaman dengan berbagai fasilitas pendukung yang tersedia.


Objek wisata ini merupakan perpaduan antara kawasan wisata pantai dan kawasan wisata bahari sebab lokasinya berdekatan dengan beberapa objek wisata yang terkenal di Provinsi Banten, seperti Taman Nasional Ujung Kulon dan Pantai Carita di sebelah selatan, Pantai Tanjung Lesung di sebelah utara, serta Pulau Panaitan dan beberapa pulau kecil di sebelah barat. Daya tarik dari kawasan wisata ini akan memanjakan mata wisatawan mulai dari perjalanan dari dermaga Kecamatan Sumur menuju Pulau Umang. Selama perjalanan, wisatawan akan dibuat terpesona dengan panorama alam yang berupa laut yang berwarna biru, hamparan pasir putih, panorama pantai yang indah, dan hijau dedaunan dari kejauhan.

Bermain Jetski di Pulau Umang
Bermain Jetski di Pulau Umang

Udara yang bersih dan sejuk, serta panorama alam yang mempesona seolah menyambut kedatangan wisatawan yang berlibur ke pulau ini. Di kawasan wisata ini, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas liburan seperti menaiki perahu, berselancar, jet ski, banana boat, dan snorkeling. Lokasi Pulau Umang yang berada di antara laut utara dan Laut Jawa membuat angin dan gelombang lautnya tidak terlalu besar. Kondisi ini sangat cocok bagi wisatawan yang memiliki hobi berenang atau bermain ombak di pantainya. Selain itu, wisatawan yang tidak begitu suka berenang di pantai bisa memilih untuk berenang di kolam renang yang terletak di pinggir laut sambil menikmati panorama pantai yang indah.
Berjemur di hamparan pasir putih yang bersih, duduk santai di bawah rindangnya pepohonan, atau melihat lokasi pengembangan terumbu karang (coral reef) bisa menjadi pilihan aktivitas liburan yang bisa dilakukan di kawasan wisata ini. Selain itu, panorama alam yang indah di pulau ini juga bisa dinikmati sambil berjalan mengelilingi kawasan wisata yang memiliki luas sekitar 5 hektar tersebut. Selain menyaksikan kekayaan flora dan fauna yang ada di pulau ini, wisawatan juga bisa keindahan panorama alam Pulau Umang dari sudut pandang yang berbeda-beda.
Di sore hari, keindahan panorama alam di pulau tersebut terasa semakin mempesona. Keindahan tersebut bisa dinikmati sambil bersantai di resort, kafe-kafe, pondok-pondok wisata, dan shelter yang banyak terdapat di kawasan tersebut. Pesona matahari terbenam (sunset) dan Selat Sunda menjelang malam adalah pemandangan yang bisa dinikmati di sore hari. Selain itu, wisatawan yang berlibur ke kawasan wisata ini juga bisa menikmati suasana lain dengan mengunjungi Pulau Omar yang terletak di sebelah tenggara Pulau Umang. Para wisatawan bisa mencapai pulau tersebut dengan perahu motor dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Karena tidak berpenghuni, kondisi alam di pulau ini masih asri. Wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah berupa hijau dan rimbunnya dedaunan, panorama pantai yang indah, pesona bawah laut dengan beragam jenis ikan dan terumbu karang yang indah, serta aneka permainan air yang menantang.
 
Sore hari di Pulau Umang
Sore hari di Pulau Umang
Kawasan wisata Pulau Umang terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Jarak Pulau Umang dari Jakartaadalah sekitar 183 km dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan. Dari Jakarta, wisatawan dapat naik bus jurusan Kalideres-Labuan. Selanjutnya, perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik bus jurusan Labuan-Sumur. Setibanya di dermaga Sumur, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan perahu motor menuju Pulau Umang. Waktu yang harus ditempuh adalah sekitar 10 menit. 
Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi wisatawan yang berlibur ke kawasan wisata ini, pihak pengelola kawasan wisata Pulau Umang menyediakan restoran, kafe, dan toko yang menyediakan berbagai kebutuhan wisatawan seperti makanan, minuman, dan peralatan memancing. Selain itu, wisatawan juga bisa mencari oleh-oleh khas pulau ini seperti pajangan dari kerang, gantungan kunci, dan kaos bertuliskan Pulau Umang di berbagai outlet yang ada di pulau ini.
Sedangkan bagi wisatawan yang ingin menginap, di kawasan wisata ini sudah terdapat banyak penginapan mulai dari villa, bungalow, resort, cottage, hingga wisma dengan berbagai tipe. Jika ingin bermalam di alam terbuka, wisatawan bisa membawa atau menyewa tenda dan berkemah di camping ground yang ada di pulau ini.
Selain itu, kawasan wisata ini juga memiliki berbagai fasilitas lain seperti pusat informasi pariwisata, taman, kolam renang, gazebo, pondok wisata, shelter, arena bermain anak-anak, tempat penyewaan perahu dan speed boat, serta wahana-wahana wisata lainnya.
   
Load disqus comments

0 komentar