Sunday, May 24, 2015

Tempat Wisata Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung BantenNama Objek Wisata Pantai ini diambil dari nama alat yang digunakan untuk menumbuk padi. Hal ini disebabkan oleh pantainya yang berupa daratan yang menjorok ke laut dengan ujung menyerupai lesung. Pantai yang memiliki luas sekitar 150 hektar ini resmi dibuka sejak pertengahan Januari 1998. Sebagai kawasan wisata yang tergolong masih baru, fasilitas yang dimiliki kawasan wisata pantai ini boleh dibilang sudah sangat lengkap dan memadai.

Para wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata ini dapat menikmati panorama alam yang indah, pasir putih yang halus, dan angin pantai yang berhembus sepoi-sepoi. Hamparan pasir pantainya yang landai mencapai 15 kilometer. Dengan demikian, para wisatawan dapat berjemur, membuat patung dari pasir, bermain sepak bola pantai, atau voli pantai.
Karena posisi pantainya yang tidak menghadap langsung ke laut lepas, hembusan angin dan deburan ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Oleh karena itu, para wisatawan dapat berenang, naik perahu, bermain jet ski, dan snorkeling. Dengan banyaknya jenis ikan yang terdapat di pantai ini, para wisatawan yang memiliki hobi memancing dapat berlibur sambil menyalurkan hobinya tersebut.
Sedangkan bagi wisatawan menikmati keindahan terumbu karang, ubur-ubur beraneka warna, siput-siput kecil dengan cangkang yang indah, dan ikan-ikan yang berenang di sepanjang garis pantai, bisa menyewa peralatan selam yang banyak disewakan di sana. Kawasan wisata pantai ini juga memiliki tempat konservasi terumbu karang yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang belajar untuk melestarikan pesona bawah laut yang sudah mulai langka ini.
Di pagi dan sore hari, para wisatawan dapat menikmati keindahan terbit dan tenggelamnya matahari. Burung-burung laut yang terbang rendah dan sesekali menyambar ikan di sepanjang pantai semakin memperindah suasana eksotis tersebut. Momen indah tersebut bisa dinikmati para wisatawan dari shelter atau pondok-pondok wisata. Selain itu, para wisatawan juga dapat menikmatinya dengan naik perahu yang banyak disewakan di objek wisata ini.
Pantai Tanjung Lesung Banten

Pantai Tanjung Lesung terletak di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia. Dari Jakarta, ada dua alternatif rute yang bisa dilalui para wisatawan yang ingin menuju Pantai Tanjung Lesung. Pertama, melalui jalan tol Jakarta-Merak, lalu keluar melalui pintu gerbang tol Serang Timur. Setelah melewati Kota Serang, perjalanan dilanjutkan ke arah Kota Pandeglang dan Labuan hingga akhirnya tiba di Pantai Tanjung Lesung. Kedua, melalui jalan tol Jakarta-Merak, lalu keluar melalui gerbang tol Cilegon. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri pesisir Anyer-Carita, lalu ke arah Labuan hingga sampai di Pantai Tanjung Lesung. Jarak yang harus ditempuh para wisatawan dari Jakarta menuju Pantai Tanjung Lesung adalah sekitar 160 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2,5-3 jam. Para wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi bisa menggunakan transportasi umum seperti bus atau taksi.
Dengan banyaknya losmen, home stay, wisma, hotel, villa, resort, dan cottage dengan tarif yang bervariasi, para wisatawan yang ingin menginap tinggal memilih penginapan mana yang sesuai dengan budget liburan yang disiapkannya.
Selain itu, di kawasan wisata pantai ini juga terdapat banyak warung, rumah makan, dan restoran yang dengan menu yang bervariasi. Khusus setiap Sabtu malam, rumah makan dan restoran di sepanjang pantai ini menyediakan hidangan laut sea food yang segar, yaitu barbecue.
Para wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata pantai ini tidak akan terputus komunikasinya dengan dunia luar sebab di kawasan ini terdapat jaringan internet dan jaringan komunikasi lainnya, baik interlokal atau internasional.
Untuk menambah kenyamanan wisatawan yang berkunjung, kawasan wisata pantai ini juga menyediakan berbagai fasilitas lain seperti pusat informasi pariwisata, penjaga pantai, money changer, area parkir yang luas dan aman, banana boat, glass bottom boat, snorkeling, sea kayak, lapangan golf mini, kolam renang, kolam pemancingan, taman, shelter, arena bermain anak-anak, pusat oleh-oleh dan cenderamata, dan persewaan perahu serta speed boat untuk menyusuri pantai.
Load disqus comments

2 komentar