Friday, May 22, 2015

Tempat Wisata Pura Taman Ayun


Pura Taman AyunSesuai dengan namanya, Taman Ayun yang dalam bahasa Bali berarti taman yang cantik, pura ini memiliki pemandangan yang indah. Pesona ini berasal dari kolam yang mengelilingi kompleks bangunan pura yang berada di atas lahan seluas 4 hektar ini. Jika dilihat dari kejauhan, kolam terlihat seperti ‘gelang air‘ sehingga bangunan pura tersebut seperti berada di atas permukaan air. Pemandangan yang indah ini menjadi semakin lengkap dengan adanya rerimbunan pohon dan bunga-bunga di sekitar bangunan pura.

Kompleks Pura Taman Ayun ini terdiri dari tiga bagian, yaitu ruang terbuka, bangunan utama, dan bangunan-bangunan yang diperuntukkan bagi Dewa dan Dewi. Pada bagian pertama yang digunakan untuk berbagai kegiatan religius dan panggung kesenian, wisatawan bisa menikmati indahnya susunan meru, yaitu pagoda dengan atap bertingkat-tingkat khas bangunan pura di Bali. Sedangkan pada bagian yang kedua, wisatawan akan menjumpai bangunan bernama Bale Pelik yang dihiasi oleh seni ukir, relief, serta patung Dewa Nawa Sanga yang sangat indah.
Daya tarik lain yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang berwisata ke tempat ini adalah peninggalan Kerajaan Mengwi yang berada sekitar 300 meter dari pura ini serta Museum Manusa Yadnya. Dalam museum tersebut, wisatawan bisa menyaksikan upacara-upacara yang berkaitan dengan siklus kehidupan manusia mulai dari dalam kandungan hingga meninggal.
Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun berada di Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Jika berangkat dari Kota Denpasar, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 18 km ke arah barat laut dengan waktu tempuh sekitar 25 menit. Jika tidak membawa kendaraan pribadi, wisatawan bisa memanfaatkan angkutan umum jurusan Denpasar-Singaraja atau Denpasar-Bedugul. Selanjutnya, Anda bisa turun di persimpangan jalan di Desa Mengwi dan melanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata ini dengan berjalan kaki sekitar 250 meter. 
Bagi Anda yang ingin menginap, di sekitar kawasan wisata ini terdapat banyak penginapan dengan berbagai tipe, mulai dari wisma, hotel kelas melati, hingga hotel berbintang. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin mencari makan, di sekitar kawasan wisata ini juga terdapat banyak warung makan dan restoran dengan sajian menu yang menarik.
Sumber Gambar:
1. http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/e3/Pura_taman_ayun.jpg
2. https://wayaninbali.files.wordpress.com/2011/10/mg_7510.jpg
Load disqus comments

0 komentar