Wednesday, May 27, 2015

Tempat Wisata Pantai Kartini

Pantai Kartini
Kura-Kura Raksasa di Pantai Kartini
Pantai Kartini merupakan salah satu objek wisata pantai yang menjadi andalan di Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Pantai dengan luas kurang lebih 3,5 hektar ini terkenal karena panorama alamnya yang indah. Konon, dulunya, pantai ini adalah tempat bermain dan bersantai R.A. Kartini dan keluarganya. Karena itu pula pantai ini kemudian diberi nama Pantai Kartini.
Daya tarik utama dari kawasan wisata pantai ini adalah lokasinya yang bersih, airnya yang jernih, ombaknya yang tidak terlalu besar, udaranya yang segar, hamparan pasir putihnya yang luas, dan terumbu karangnya yang cantik. Kondisi ini sangat mendukung aktivitas para wisatawan yang ingin berenang, bermain sepak bola, atau sekedar berjalan-jalan dan menikmati indahnya panorama alam Pantai Kartini.

Kawasan wisata pantai ini juga sudah dilengkapi dengan sea world dengan arsitektur yang unik dan menarik. Bangunan tersebut dianggap unik karena bentuknya yang menyerupai kura-kura raksasa. Sea world tersebut berisi koleksi berbagai jenis ikan laut seperti cumi-cumi, cakalang, layur, kerang laut, serta berbagai macam jenis terumbu karang yang akan memanjakan mata para wisatawan yang datang. 
Pantai Kartini
Sunset di Pantai Kartini
Layaknya masyarakat pesisir lainnya, masyarakat di sekitar kawasan pantai ini juga memiliki sebuah ritual tahunan. Ritual tersebut dilakukan dengan melarungkan kepala kerbau dan sesajen lainnya ke tengah laut yang terkenal dengan sebutan ritual lomban. Karena diyakini dapat memberikan berkah, para nelayan memperebutkan sesajen yang dilarung tersebut. Ritual ini biasanya dilaksanakan setiap tanggal 8 Syawwal atau seminggu setelah hari raya Idul fitri. Tujuan dari ritual ini adalah untuk mengungkapkan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada para nelayan sehingga hasil tangkapan mereka akan semakin banyak. Selain itu, ritual tersebut juga dimaksudkan untuk memohon keselamatan para nelayan ketika sedang mencari ikan di laut. 
Pantai Kartini terletak di Desa Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Jarak yang harus ditempuh untuk mencapai kawasan wisata pantai ini dari pusat kota Jepara adalah sekitar 2 kilometer. Bagi para wisatawan yang akan menuju ke sana, perjalanan dapat dimulai dari Terminal Jepara. Di sana, wisatawan dapat memilih sarana angkutan umum seperti bus dan angkutan kota. Taksi atau mobil sewaan juga bisa menjadi sarana transportasi alternatif untuk menuju ke kawasan wisata pantai ini.
Sea world, mushala, lapangan tenis, dan berbagai macam sarana permainan seperti kereta kelinci, bom-bom car, sepeda motor mainan bertenaga aki, komedi putar, mandi bola, dan perahu arus adalah beberapa fasilitas yang terdapat di kawasan wisata Pantai Kartini
Bagi para wisatawan yang ingin menginap, di sekitar kawasan wisata ini sudah terdapat banyak penginapan dengan tarif yang bervariasi. Warung makan, mini market, warung telekomunikasi, kios cenderamata dan kerajinan seperti kayu ukir, monel, tenun troso dan lain-lain adalah fasilitas yang bisa dijumpai di kawasan wisata pantai ini.

Load disqus comments

1 komentar: