Wednesday, May 13, 2015

Tempat Wisata Candi Prambanan

Candi yang dibangun oleh Wangsa Sanjaya sekitar tahun 850 M ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.  Candi yang memiliki tinggi sekitar 47 meter ini menempati areal seluas 39,8 hektar.
Wisatawan yang datang ke candi ini akan bisa melihat bahwa struktur bangunannya sudah melambangkan inti dari ajaran Hindu, yaitu Trimurti. Hal ini bisa dilihat dari adanya 3 candi yang ada di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Selain itu, masing-masing candi utama tersebut memiliki satu candi pendamping, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Di halaman kedua, Anda akan menemukan sebanyak 224 candi.

Daya tarik lain yang dimiliki oleh candi ini adalah kisah Ramayana yang tertuang dalam bentuk relief pada dinding candi. Selain itu, ada relief lain yang bisa Anda temukan, yaitu relief pohon kalpataru yang dalam agama Hindu dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian, dan keserasian lingkungan. Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas audio visual bagi wisatawan yang ingin mengetahui secara detail sejarah ditemukannya candi ini hingga proses renovasinya. Sedangkan bagi Anda yang membawa anak-anak, di kawasan wisata ini juga tersedia taman bermain anak dan mini untuk mengantarkan wisatawan yang ingin mengelilingi bangunan candi.
Secara administratif, Candi Prambanan masuk dalam wilayah Desa Prambanan. Akan tetapi, lokasi candi ini juga menempati dua wilayah, yaitu Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Akses menuju lokasi wisata ini sangat mudah karena lokasinya yang berada di pinggir jalan raya Yogyakarta-Solo

Bagi Anda yang ingin menginap, di sekitar kawasan wisata ini terdapat banyak penginapan dengan berbagai tipe. Sedangkan bagi Anda yang ingin mencari makan, di kawasan wisata ini juga bisa dijumpai banyak warung makan dan restoran dengan sajian menu yang menggugah selera.
Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan oleh-oleh seperti gantungan kunci, replika Candi Prambanan, dan lain-lain yang banyak dijual di toko atau pedagang asongan yang menjajakan dagangannya di kawasan wisata ini.
Sumber Gambar: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/98/Prambanan_Trimurti.jpg
Load disqus comments

0 komentar