Sunday, May 24, 2015

Tempat Wisata Air Terjun Curug Gendang

Air Terjun Curug Gendang
Objek Wisata Alam Air Terjun Curug Gendang adalah salah satu objek wisata andalan yang berada di Kabupaten Pandeglang. Air terjun ini berada pada ketinggian sekitar 170 meter di atas permukaan laut (dpl). Sebelumnya, air terjun ini yang berasal dari hulu mata air Gunung Panganjaran ini bernama Curug Citajur. Nama Curug Gendang diberikan karena suara air terjunnya yang menyerupai suara gendang.

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh objek wisata ini adalah panorama alamnya yang indah dan air terjunnya yang jernih. Hutan yang lebat dengan udara yang sejuk dan jalan setapak yang berliku-liku semakin menambah keindahan dari kawasan wisata ini. Selain itu, di kawasan ini terdapat berbagai flora langka, seperti jati, mahoni, mahoni afrika, bungur, dan lain-lain. Para wisatawan yang berwisata ke air terjun ini juga bisa menjumpai berbagai fauna langka seperti babi hutan, kera ekor panjang, lutung, biawak, ular sanca, kelelawar, alap-alap, tupai, dan elang.
Sedangkan bagi para pecinta alam, kawasan dengan jalan setapak yang berliku-liku dan terkadang naik-turun, serta tebing dan jurang di sisi kiri-kanannya ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk menyalurkan hobi tersebut. Setelah tiba di punggung perbukitan, para wisatawan juga dapat menikmati indahnya panorama alam di kawasan wisata ini berupa hijaunya pepohonan di kaki bukit, Selat Sunda, dan Gunung Anak Krakatau. Selain itu, para wisatawan juga dapat mencuci muka dan bahkan mandi di air terjun setinggi 7 meter dengan kedalaman 13 meter dan luas 10 meter ini.

Secara administratif, kawasan wisata Air Terjun Curug Gendang masuk dalam wilayah Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Bagi para wisatawan yang berangkat dari Jakarta, jarak yang harus ditempuh untuk tiba di lokasi adalah sekitar 160 km dengan rute Jakarta-Serang-Pandeglang-Labuan-Carita.
Selain itu, para wisatawan juga bisa memulai perjalanannya dari Kota Bogor dengan rute Bogor-Rangkasbitung-Pandeglang-Labuan-Carita. Jarak yang harus ditempuh dengan rute ini adalah sekitar 150 km. Setelah tiba di jalan raya Carita, para wisatawan harus menempuh jarak sekitar 2 km untuk tiba di lokasi wisata ini. Setelah sampai di area parkir, perjalanan menuju ke lokasi harus dilanjutkan dengan berjalan kaki menempuh jarak sekitar 1 km.
Bagi yang ingin menginap, di kawasan ini sudah terdapat home stay, pesanggrahan, dan wisma dengan tarif yang terjangkau. Selain itu, para wisatawan juga bisa bermalam di alam terbuka dengan menggunakan tenda karena di kawasan wisata ini sudah tersedia camping ground yang luas dan aman. Sedangkan bagi yang ingin mencari makanan dan minuman, di kawasan ini juga terdapat beberapa warung dengan menu yang bervariasi. Selain itu, Objek Wwisata Air Terjun Curug Gendang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas lain seperti tempat parkir yang luas dan aman, pos jaga, dan toilet umum.
Load disqus comments

0 komentar