Wednesday, May 13, 2015

Tempat Wisata Pura Ulun Danu Beratan


Lokasinya yang berada di dataran tinggi, sekitar 1.239 meter di atas permukaan laut (dpl), membuat wisatawan yang datang ke kawasan wisata ini tidak hanya bisa melakukan wisata sejarah akan tetapi juga menikmati keindahan panorama alam di kawasan ini. Nama pura ini sendiri diberikan karena lokasinya yang berada di pinggir Danau Beratan. Danau ini pula yang menambah asri dan eloknya suasana di kawasan ini. Sejak dari pintu masuk, wisatawan akan disambut oleh hijaunya rerumputan, warna-warni bunga, dan pepohonan cemara yang rindang. 
Bangunan puranya memiliki ciri khas Bali, bangunan pura yang memiliki atap bertingkat, yaitu menara dengan atap 11 tingkat, 7 tingkat, dan 3 tingkat, Keberadaan menara bertingkat tersebut menggambarkan pemujaan terhadap tiga dewa, yakni Dewa Wisnu (11 tingkat), Dewa Brahma (7 tingkat), dan Dewa Siwa (3 tingkat).
Daya tarik lain yang dimiliki oleh kawasan wisata ini adalah indahnya Danau Beratan yang memiliki kedalaman hingga 23 meter. Jika ingin menikmati keindahannya dari dekat, wisatawan bisa menyewa perahu tradisional atau perahu motor untuk mengelilingi danau. Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba tantangan berupa permainan air seperti parasailing, banana boat, atau jet ski. Sedangkan bagi wisatawan yang tidak terlalu menyukai tantangan, memancing sambil menikmati keindahan danau adalah pilihan yang tepat.
Lokasi lain yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke daerah ini adalah Kebun Raya Eka Karya. Di tempat ini, wisatawan bisa menikmati suasana hutan dengan beragam tanaman buah yang menggoda selera. Kebun Raya Eka Karya yang terletak sekitar 300 meter dari Danau Beratan.
Pura Ulun Danu Beratan berada di wilayah Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Bagi wisatawan yang memulai perjalanan dari Kota Denpasar, jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 55 km. Sedangkan bagi wisatawan yang berangkat dari Kota Tabanan, jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 45 km. Akses menuju lokasi wisata ini sangat mudah karena berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Tabanan dan Buleleng. Wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum yang menuju ke lokasi wisata ini.
Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang tergolong lengkap seperti lahan parkir, taman bermain untuk anak, dan toilet. Jika ingin mencari makan, wisatawan bisa memilih restoran dan warung makan yang terdapat di dekat taman bermain dengan berbagai menu yang menarik.Sedangkan bagi wisatawan yang berlama-lama di kawasan ini bisa memilih beragam penginapan yang sesuai dengan isi koceknya. 
Sumber Gambar: http://www.pawongan.com/images/bali-tour-destination/temple/ulun-danu-beratan/ulun-danu-beratan-2.jpg
Load disqus comments

0 komentar