Wednesday, May 27, 2015

Tempat Wisata Pantai Carita

Pantai Carita
Pasir Putih di Pantai Carita
Salah satu tempat wisata pantai yang menjadi favorit para wisatawan adalah Pantai Carita. Lokasinya yang terletak di tepi jalan raya Carita-Labuan, yang merupakan salah satu jalur utama yang menghubungkan tempat-tempat wisata di kawasan pantai barat Banten, sangat strategis sehingga mudah untuk dicapai oleh wisatawan yang ingin mengunjunginya. 
Selain itu, pantai ini juga tidak terlalu jauh dari Jakarta sehingga sangat populer dan banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Objek wisata pantai ini akan sangat ramai oleh para wisatawan terutama pada akhir pekan dan hari-hari libur lainnya. 
Kawasan wisata pantai yang terletak di Tanjung Carita ini menyajikan panorama yang indah yang merupakan perpaduan antara hamparan pasir putih yang landai dengan tumbuhan khas pantai yang hijau. Hamparan pasir putih yang bersih tersebut sangat menarik bagi para wisatawan yang ingin berjemur atau bermain sepak bola dan voli pantai. Kegiatan lain yang bisa dilakukan oleh para wisatawan yang datang ke pantai ini adalah membuat patung dari pasir dan menguburkan diri dalam pasir. 
Bermain Banana Boat di Pantai Carita
Bermain Banana Boat di Pantai Carita
Dengan ombak yang relatif kecil, para wisatawan bisa bermain ombak dan berenang di pantai. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati wahana lainnya, di pantai ini juga terdapat penyewaan berbagai alat permainan seperti perahu, jet ski, speed boat, dan banana boat. Bagi para wisatawan yang memiliki hobi memancing, kawasan wisata pantai ini merupakan tempat bagi aneka jenis ikan sehingga sangat cocok untuk menyalurkan hobi tersebut. Tidak terlalu jauh dari pantai, terdapat Sungai Cikembang dan Sungai Cimeti dengan airnya yang jernih dan semakin indah dengan latar perbukitan yang hijau.  
Kawasan wisata ini juga memiliki kawasan taman laut yang bisa ditempuh sekitar dua jam dengan menggunakan perahu motor dari Pantai Carita. Siang hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi kawasan taman laut tersebut sebab para wisatawan akan dibuat kagum setelah melihat aneka jenis ikan hias yang berwarna-warni dan tumbuhan laut yang masih terjaga keasriannya. 
Sunset di Pantai Carita
Sunset di Pantai Carita
Ketika hari sudah menjelang senja, matahari tenggelam (sunset) merupakan daya tarik lain kawasan Pantai Carita. Gunung Krakatau dan Gunung Anak Krakatau yang berdiri kokoh di kejauhan melengkapi pesona pantai ini. Pondok wisata dan shelter yang tersedia bisa menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan momen indah ini. Panorama ini juga bisa disaksikan dari atas perahu sambil mendengarkan deburan ombak dan menikmati hembusan angin laut.
Secara administratif, Pantai Carita masuk dalam wilayah Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia. Ada tiga alternatif rute yang bisa dipilih oleh para wisatawan yang berangkat dari Jakarta. Pertama, rute Jakarta-Serang-Pandeglang-Labuan-Carita dengan jarak sekitar 160 kilometer. Kedua, rute Jakarta-Serang-Cilegon-Anyer-Carita dengan jarak sekitar 170 kilometer. Ketiga, rute Jakarta-Serang-Palima-Batukuwung-Carita dengan jarak sekitar 160 kilometer. 
Sedangkan bagi para wisatawan yang datang dari arah Bogor, rute yang bisa dilalui adalah rute Bogor-Rangkasbitung-Pandeglang-Labuan-Carita dengan jarak sekitar 150 kilometer. Perjalanan melalui rute-rute tersebut dapat dilalui dengan kendaraan pribadi, bus, atau taksi.
Warung, toko, dan swalayan yang menyediakan berbagai kebutuhan wisatawan seperti makanan, minuman, isi ulang pulsa, perlengkapan memancing, dan peralatan menyelam banyak tersedia di kawasan wisata pantai ini.
Home stay, wisma, hotel, cottage, kondominium, dan vila dengan berbagai tipe banyak tersedia bagi para wisatawan yang ingin menginap. Kawasan wisata ini juga memiliki camping ground yang luas dan aman sehingga bisa menjadi pilihan bagi para wisatawan yang ingin berkemah. Kawasan wisata pantai ini juga menyediakan banyak fasilitas lain seperti pusat informasi pariwisata, penjaga pantai, taman parkir, arena bermain anak-anak, tempat berjemur, kolam renang, jaringan internet, wartel, shelter, serta pusat oleh-oleh dan suvenir.
Load disqus comments

0 komentar