Saturday, March 21, 2015

Tempat Wisata Danau Toba

Danau Toba
Danau Toba adalah salah satu danau terbesar, baik di Indonesia atau di dunia. Danau  ini memiliki luas sekitar 100 km x 30 km. Di tengah danau  tersebut terdapat sebuah pulau besar, yaitu Pulau Samosir yang berada pada  ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Pemandangan alamnya yang indah menjadikannya sebagai salah satu Objek Wisata Alam favorit.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para  peneliti dari Universitas Teknologi Michigan, Amerika Serikat, di lokasi Danau Toba,  sekitar 75.500 tahun yang lalu, pernah terjadi sebuah letusan yang sangat dahsyat  yang memusnahkan manusia, hewan, dan tumbuhan. Letusan tersebut memuntahkan bebatuan dan abu vulkanik hingga sejauh 2.000km3. Letusan tersebut membentuk sebuah kawah gunung berapi yang besar dan lama-kelamaan kawah tersebut terisi air yang akhirnya terbentuk sebuah danau yang besar, yaitu Danau Toba. Sedangkan Pulau Samosir disinyalir terbentuk oleh tekanan magma secara terus-menerus yang belum keluar dari perut bumi.
Sunset Danau TobaObjek Wisata ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan mengagumkan. Suasana di sekitar danau ini terasa nyaman dengan udaranya yang segar dan sejuk karena dikelilingi oleh perbukitan. Keindahan panorama alam di kawasan wisata ini dapat dinikmati sambil berenang, menaiki perahu motor, atau sekedar berjalan mengitari sekitar danau tersebut. Pemandangan di sore hari menjadi semakin indah dengan cahaya matahari terbenam yang begitu indah.
 Penduduk setempat meyakini bahwa ini adalah tempat tinggal Namborru (tujuh dewi leluhur Suku Batak). Oleh karena itu, ketika masyarakat Suku Batak ingin menggelar acara adat di sekitar danau, mereka harus terlebih dahulu memohon izin kepada Namborru. Salah satu acara yang biasa digelar setiap tahun adalah perayaan Pesta Rakyat Danau Toba yang banyak menyedot wisatawan untuk datang ke kawasan wisata ini. Sebelumnya, beberapa ritual dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur.
Daya tarik lain yang dimiliki oleh kawasan wisata ini adalah Pulau Samosir, yang berada di tengah danau tersebut. Di pulau tersebut terdapat  objek wisata alam yang populer, yaitu danau di atas danau (Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang); objek wisata sejarah di kompleks makam Raja Sidabutar yang terletak di Desa Tomok; dan wisata  arsitektur berupa kompleks rumah tradisional Batak Toba Samosir. Di Parapat, para wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Samosir dapat menggunakan angkutan feri yang setiap jamnya berangkat ke Desa Tomok, Samosir.
Kawasan wisata Danau Toba terletak di beberapa kabupaten, yaitu Kabupaten Simalungun, Kabupaten Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Indonesia. Para wisatawan yang ingin berwisata ke danau ini bisa melalui dua rute. Rute yang pertama adalah dari Kota Medan menuju Parapat. Sedangkan rute yang kedua adalah dari Medan menuju Berastagi yang berjarak sekitar 176 km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 4 jam, baik dengan kendaraan roda dua atau roda empat.
Di objek wisata ini sudah terdapat banyak penginapan, mulai dari penginapan kelas melati hingga hotel berbintang, seperti Hotel Danau  International, Niagara Hotel & Resort, dan Tabo Cottage, sehingga para wisatawan yang ingin menginap tidak perlu khawatir. Selain itu, di kawasan wisata Danau Toba juga terdapat fasilitas lain seperti restoran, kafe, dan warung makan seperti RM. Rian Samosir, Pondok Ganda, dan Poppy’s.
Load disqus comments

0 komentar