Saturday, March 21, 2015

Tempat Wisata Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Nama objek wisata alam (pantai) yang menjadi salah satu ikon wisata Provinsi Yogyakarta ini, konon, berasal dari seorang pelarian dari Kerajaan Majapahit, Dipokusumo, yang bersemadi di kawasan ini dan melihat air yang menetes (tumaritis) dari celah-celah batu karang (parang).
 Meskipun Pantai Parangtritis tidak seindah pantai-pantai yang ada di Pulau Bali, ada daya tarik lain yang membuat banyak wisatawan begitu tertarik untuk datang ke pantai ini. Kedatangan Anda di pantai ini akan disambut oleh butir-butir pasir halus yang beterbangan tertiup angin. Di sisi barat, pandangan mata Anda akan tertumpu pada deretan bukit berbatu dan tebing karang. Jika berjalan ke arah timur, Anda akan menjumpai Pantai Parangkusumo, gumuk pasir, muara Sungai Opak, dan Pantai Depok. Tempat-tempat ini tentu saja akan memberikan daya tarik tersendiri bagi Anda.
Selain bermain pasir dan air, Anda juga bisa menikmati suasana di pantai ini sambil berkeliling dengan menyewa andong. Jika hari sudah menjelang senja, Anda bisa menyaksikan indahnya panorama matahari tenggelam dari pinggir pantai ini.
Andong Pantai Parangtritis
Objek wisata Pantai Parangtritis berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya yang hanya sekitar 27 km ke arah selatan dari Kota Yogyakarta membuat pantai ini memiliki akses yang mudah. Bagi Anda yang ingin mendatangi kawasan wisata ini, ada dua rute yang bisa Anda tempuh. Rute pertama adalah rute utama yang banyak dilalui oleh wisatawan, yaitu rute Yogyakarta-Jalan Parangtritis-Kretek-Parangtritis. Sedangkan rute yang kedua adalah rute Yogyakarta-Imogiri-Siluk-Parangtritis. Meskipun sedikit lebih jauh, rute ini menawarkan panorama alam yang indah yang akan menemani perjalanan Anda.
Anda yang berwisata ke Pantai Parangtritis tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat menginap karena di sekitar kawasan wisata ini banyak terdapat penginapan dengan tarif yang sangat terjangkau. Selain itu, Anda juga tidak akan kesulitan untuk mendapatkan warung atau restoran dengan sajian menu yang menarik.
Bagi Anda yang ingin mencari oleh-oleh, di kawasan wisata ini juga terdapat banyak kios atau pedagang asongan yang menjual oleh-oleh khas daerah ini. 
Load disqus comments

0 komentar