Sunday, March 8, 2015

Tempat Wisata Candi Borobudur

Candi BorobudurCandi yang berbentuk punden berundak ini diperkirakan dibangun oleh Raja Syailendra pada Abad VIII Masehi. Nama Candi Borobudur sendiri berasal dari kata bara yang berarti vihara (kompleks candi) dan budur yang artinya di atas bukit. Bangunan candi yang berbentuk tingkatan ini memiliki tinggi 34,5 m. Tingkat 1 sampai 6 berbentuk bujur sangkar dan tingkat 7 sampai 10 berbentuk lingkaran.

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Objek wisata sejarah ini adalah terdapat 1460 relief yang ada di dinding candi, arca Budha sebanyak 504 buah, dan stupa 72 buah. Jika dilihat dari atas, maka Candi Borobudur akan terlihat seperti bunga teratai.
Relief-relief tersebut menceritakan kisah yang sangat terkenal, yaitu Ramayana. Selain itu, Anda juga bisa menemukan relief yang menceritakan kondisi masyarakat saat itu, seperti aktivitas petani yang mencerminkan tentang kemajuan sistem pertanian saat itu dan relief kapal layar yang merupakan representasi dari kemajuan pelayaran yang waktu itu.

Stupa dari candi ini sendiri merupakan replika dari jagad raya sebagi mikro-kosmos, yang terbagi menjadi 3 tingkat. Tingkat pertama adalah dunia manusia di mana keinginan masih dipengaruhi oleh dorongan negatif. Sedangkan tingkat kedua adalah dunia yang ditempati manusia yang telah mampu mengendalikan dorongan negatifnya dan menggunakan dorongan positifnya. Dan tingkat yang ketiga adalah dunia manusia yang tidak lagi dikuasai oleh keinginan-keinginan duniawi.
Candi Borobudur
Candi Borobudur berada di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.  Kawasan wisata ini bisa dicapai dari dua kota, yaitu Kota Semarang dan Kota Yogyakarta. Bagi Anda yang berangkat dari Kota Semarang, jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 100 km. Perjalanan dari Kota Semarang bisa dilakukan dengan naik bus yang menuju Kota Yogyakarta dan turun di terminal Magelang.
Sedangkan bagi Anda yang berangkat dari Kota Yogyakarta, perjalanan bisa dilakukan dengan naik bus yang menuju Kota Semarang dan turun di Terminal Magelang. Selanjutnya, perjalanan menuju lokasi bisa dilanjutkan dengan naik bus hingga tiba di lokasi candi.
Anda yang berkunjung ke kawasan wisata ini tidak akan kesulitan untuk mencari penginapan, baik di sekitar maupun di lokasi yang agak jauh dari lokasi wisata ini. Selain itu, Anda juga akan menemukan banyak warung makan dan restoran yang siap melayani kebutuhan Anda.Untuk urusan oleh-oleh, Anda bisa mencarinya di kios-kios cenderamata yang berjejer di luar kompleks candi. Di kios-kios tersebut, Anda bisa membeli oleh-oleh berupa kaus, tas, hasil kerajinan, replika Candi Borobudur, dan suvenir khas lainnya.
Load disqus comments

0 komentar