Tuesday, May 26, 2015

Tempat Wisata Danau Kerinci

Danau Kerinci
Pemandangan Indah di Danau Kerinci
Kawasan wisata Danau Kerinci merupakan salah satu objek wisata yang menjadi andalan di Kabupaten Kerinci. Danau yang terletak di kaki Gunung Raja ini merupakan danau terbesar yang ada di kabupaten tersebut. Danau ini memiliki luas kurang lebih 5000 m persegi dengan ketinggian 783 meter di atas permukaan laut.

Para wisatawan yang datang ke Danau Kerinci tidak akan pernah merasa bosan karena pemandangan alamnya yang sangat indah dan begitu menawan. Hamparan air yang jernih dengan latar belakang pegunungan yang berjejer semakin menambah anggunnya panorama alam di kawasan wisata ini. Perahu-perahu nelayan yang sedang mencari ikan menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh kawasan wisata Danau Kerinci.
Daya tarik lain yang sayang untuk dilewatkan adalah sejumlah batu berukir yang konon peninggalan manusia megalit yang hidup ribuan tahun silam yang terdapat di desa-desa sekitar danau ini. Batu-batu ukir tersebut menjadi bukti kawasan di sekitar Danau Kerinci pernah dihuni oleh manusia purba.
Danau Kerinci
Nelayan menjaring ikan

Selain itu, para wisatawan yang berwisata ke danau ini juga bisa menyaksikan Festival Danau Kerinci yang menampilkan berbagai macam atraksi kesenian masyarakat Jambi. Festival yang digelar setiap tahun ini diadakan sebagai hiburan bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke kawasan wisata ini.
Danau Kerinci terletak di Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Indonesia. Lokasi wisata ini dapat dicapai melalui jalur darat dengan beberapa alternatif rute. Bagi para wisatawan yang memilih rute pertama, perjalanan bisa dimulai dari kota Jambi menuju ke Sungai Penuh. Jarak yang harus ditempuh dari Kota Jambi menuju Sungai Penuh adalah sekitar 500 km dengan waktu tempuh sekitar 10 jam. Rute ini bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi darat, seperti kendaraan pribadi, mobil sewaan, atau angkutan umum.
Untuk rute kedua, para wisatawan bisa memulai perjalanannya dari Kota Padang menuju ke Tapan. Dari Tapan, perjalanan bisa dilanjutkan menuju ke Sungai Penuh dengan jarak 278 km. Waktu yang harus ditempuh oleh para wisatawan yang memilih jalur ini adalah sekitar 7 jam.
Sedangkan untuk rute ketiga, para wisatawan bisa memulai perjalanannya dari Kota Padang menuju ke Muaralabuh. Dari Muaralabuh, perjalanan bisa dilanjutkan menuju ke Kersik Tuo. Jarak yang harus ditempuh dari Kota Padang menuju ke lokasi wisata ini adalah sekitar 211 km dengan waktu tempuh sekitar 5-6 jam perjalanan.
Meskipun di kawasan wisata Danau Kerinci belum ada hotel berbintang, para wisatawan yang ingin menginap tidak perlu khawatir karena di kota Sungai Penuh, ibukota Kabupaten Kerinci, terdapat banyak hotel kelas melati dengan tarif yang terjangkau. Para wisatawan yang berwisata ke Danau Kerinci juga bisa menikmati makanan dan minuman khas daerah ini seperti Beras Payo, Gulai  Ikan Semah, Dendeng Beteko, Kacang Tojin, Lemang, Jeruk Pelompek, Kopi Kerinci, dan Teh Kayu Aro yang banyak menjadi menu utama dari rumah makan-rumah makan yang ada di sekitar kawasan wisata ini.
Load disqus comments

0 komentar