Sunday, May 24, 2015

Tempat Wisata Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu
Panorama alam yang sangat indah di kawasan wisata Air Terjun Grojogan Sewu membuatnya dijadikan sebagai Objek Wisata Teladan Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kawasan wisata ini terdiri dari hutan wisata dan air terjun.
Tinggi dari air terjun ini adalah sekitar 81 meter.  Selain itu, curahan air terjunnya tidak terpusat pada satu titik, akan tetapi menyebar ke berbagai penjuru.

Para wisatawan yang baru tiba di lokasi wisata ini akan langsung disambut gerombolan kera yang memang sengaja dilepas. Untuk itu, para wisatawan sebaiknya membawa makanan untuk kera-kera tersebut. Untuk sampai ke lokasi air terjun, para wisatawan harus berjalan menuruni tangga tersedia di sana. Di beberapa tempat, pihak pengelola menyediakan gazebo (tempat peristirahatan) untuk para wisatawan yang ingin beristirahat sejenak. Sesampainya di lokasi air terjun, para wisatawan akan disambut oleh panorama alam yang sangat indah. Para wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun tersebut dari kejauhan atau dari jarak yang lebih dekat. Selain itu, para wisatawan juga bisa berenang di dua buah kolam renang yang letaknya tidak jauh dari air terjun tersebut. Daya tarik lain yang dimiliki oleh kawasan wisata ini adalah pemandangan perbukitan yang indah dan menawan yang bisa dinikmati sambil berjalan menyusuri kawasan wisata ini.

Secara administratif, kawasan wisata Air Terjun Grojogan Sewu masuk ke dalam wilayah Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Untuk menuju ke kawasan wisata ini, para wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum seperti bus.
Bagi para wisatawan yang memilih transportasi umum, perjalanan bisa dimulai dari terminal Tirtonadi Solo dengan naik bus jurusan Solo-Tawangmangu. Rute yang dilalui adalah Solo-Karanganyar-Karangpandan-Tawangmangu dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.
Dari Terminal Tawangmangu, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan bis umum. Akan tetapi, setelah turun dari bis, para wisatawan harus perlu melanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata ini dengan berjalan kaki sekitar 1 km.
Untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang datang ke kawasan wisata ini, pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas seperti kolam renang, taman binatang hutan, dan taman bermain untuk anak-anak.
Selain itu, bagi wisatawan yang ingin mencari makanan dan minuman, di kawasan objek wisata sudah terdapat beberapa warung makan dengan menu yang bervariasi. Sedangkan bagi yang ingin menginap, di kawasan ini juga terdapat penginapan dengan berbagai tipe. Para wisatawan juga bisa mencari oleh-oleh baik berupa cenderamata ataupun buah-buahan di kios-kios yang ada di sekitar kawasan wisata ini. Di sisi kanan dan kiri pintu 1 terdapat banyak penjual bunga edelweiss, buah stoberi, kerajinan tangan, dan penyewaan kuda.
Load disqus comments

0 komentar