Sunday, May 24, 2015

Tempat Wisata Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong
Sesuai dengan namanya, Pantai Karang Bolong adalah salah satu objek wisata pantai yang terkenal karena sebuah batu karang besar bolong yang terdapat di pantainya. Pantai yang berada di ruas jalan utama Anyer-Carita ini dulunya dikenal dengan nama Karang Suraga. Dalam perkembangannya, nama Karang Suraga mulai dilupakan orang dan berganti menjadi Karang Bolong. Hal ini disebabkan adanya sebuah batu karang besar yang di tengahnya berlubang (bolong) dan membentuk sebuah lengkungan.
Salah satu ujung karangnya berada di tepi pantai, sementara ujung karang yang satu lagi menghadap ke laut lepas. Menurut perkiraan para ahli, lubang yang terdapat pada batu karang ini karena terkikis oleh air laut dalam kurun waktu yang lama. Pendapat lain mengatakan bahwa batu karang tersebut berlubang akibat letusan Gunung Krakatau pada tanggal 27 Agustus 1883.  
Batu karang besar berbentuk setengah lingkaran yang bagian tengahnya berlubang di pantai ini boleh dikatakan menjadi daya tarik utama dari kawasan wisata pantai ini. Lubang di tengah batu karang tersebut menjadi tempat yang indah bagi para wisatawan untuk menyaksikan laut biru dengan riak ombak yang susul-menyusul. Batu karang berlubang tersebut juga merupakan latar belakang yang mempesona untuk berfoto.
Di samping itu, batu karang besar tersebut juga dikelilingi oleh batu karang-batu karang kecil yang berada di sepanjang pantainya. Untuk menikmati kawasan pantai ini, para wisatawan bisa duduk-duduk di atas batu karang sambil mendengarkan deburan ombak. Di celah-celah batu karang kecil yang ada, para wisatawan dapat mencari ikan, siput, atau udang.
Kawasan wisata pantai ini menjadi semakin indah dengan hamparan pasir putih yang luas dan landai, serta panorama alamnya yang mempesona. Kondisi ini sangat mendukung bagi para wisatawan yang ingin melakukan berbagai aktivitas liburan di pantai, seperti berjemur atau membuat patung dari pasir. Bermain sepak bola dan voli pantai juga sangat menyenangkan karena pasirnya yang sangat halus. Para wisatawan juga bisa berenang dan bermain ombak tanpa harus takut terseret arus karena ombaknya yang tidak terlalu besar.
Keindahan panorama pantai ini juga bisa dinikmati dari atas perahu motor dan banana boat yang banyak disewakan di sana. Para wisatawan juga bisa bersantai dan meresapi hembusan angin laut sambil duduk lesehan di atas tikar yang disewakan. Aktivitas memancing juga menjadi daya tarik tersendiri di kawasan wisata ini karena kawasan pantai ini menjadi tempat bagi berbagai jenis ikan.
Pantai Karang Bolong Banten

Matahari tenggelam menjadi panorama sore yang bisa dinikmati para wisatawan sambil bersantai di pondok-pondok wisata, taman, shelter, dan warung-warung yang terdapat di sana. Keindahan tersebut juga bisa dinikmati dari puncak batu karang dengan melalui tangga yang terdapat di sisi kanan dan kirinya. Selain itu, angin laut yang bertiup sepoi-sepoi dan menerpa wajah dan rambut menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berada di puncak batu karang karena menghadirkan sensasi tersendiri bagi mereka. Keindahan Selat Sunda dengan ombaknya yang berkejaran dan menerjang batu karang juga bisa dinikmati dari puncak batu karang ini.
Secara administratif, Pantai Karang Bolong berada dalam wilayah Desa Karang Bolong, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Indonesia. Jarak Jakarta-Pantai Karang Bolong adalah sekitar 140 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, rute yang bisa dilalui adalah jalur Jakarta-Merak dan keluar melalui pintu tol Cilegon Timur. Sesudah itu, perjalanan bisa dilanjutkan ke arah selatan dengan menyusuri jalan raya Anyer. Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan angkutan umum, dapat naik bus jurusan Jakarta-Merak dan turun di Kota Cilegon. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan naik bus jurusan Cilegon-Labuan dan turun di Pantai Karang Bolong.
Jika berangkat dari Kota Serang, jarak yang harus ditempuh para wisatawan untuk mencapai Pantai Karang Bolong adalah sekitar 50 kilometer. Di sepanjang jalan yang dilalui, banyak terdapat penunjuk jalan yang sangat membantu para wisatawan untuk mencapai lokasi wisata pantai ini.
Di sekitar kawasan wisata pantai ini sudah terdapat banyak home stay, wisma, hotel, resort, cottage, dan villa dengan berbagai tipe sehingga para wisatawan yang berkunjung mudah untuk mencari penginapan. Bagi para wisatawan yang ingin berkemah, kawasan wisata ini juga menyediakan camping ground.
Para wisatawan dapat berkomunikasi dengan mudah dengan dunia luar karena kawasan pantai ini sudah menyediakan fasilitas jaringan untuk mengakses internet dan jaringan komunikasi baik lokal, interlokal, atau internasional.
Bagi yang ingin makan, pedagang kaki lima dan warung tenda di sepanjang pantai, serta rumah makan, kafe, dan restoran dengan berbagai menu yang berbeda bisa menjadi pilihan.Selain itu, kawasan wisata pantai ini juga dilengkapi berbagai fasilitas lain seperti pusat informasi pariwisata, penjaga pantai, taman, area parkir yang luas dan aman, arena bermain anak-anak, kolam renang, pondok-pondok wisata, shelter, pusat oleh-oleh dan cenderamata, persewaan tikar, serta persewaan perahu dan speed boat.
Load disqus comments

0 komentar