Friday, May 29, 2015

Tempat Wisata Danau Kawah Putih

Danau Kawah Putih
Danau Kawah Putih
Objek Wisata Danau Kawah Putih terletak di puncak Gunung Patuha. Oleh penduduk lokal, gunung ini juga disebut Gunung Sepuh. Gunung tersebut terletak pada ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 8-12oC. Di bagian barat dari gunung ini juga terdapat kawah lain, yaitu Kawah Saat. Kedua kawah tersebut terbentuk akibat letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 dan ke-12. Kawah Putih sendiri berada pada ketinggian 2.194 di atas permukaan laut.

Keindahan Danau Kawah Putih ditemukan pada tahun 1837 oleh seorang ahli botani dari Belanda peranakan Jerman bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Akan tetapi, danau ini baru dijadikan sebagai objek wisata alam dan terbuka untuk umum pada tahun 1983.   
Tempat wisata Danau Kawah Putih adalah salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.  Keindahan panorama alamnya yang masih asri bukan satu-satunya daya tarik yang bisa dinikmati para wisatawan yang mendatangi kawasan wisata ini. Selain itu, para wisatawan juga bisa menyaksikan secara langsung uap panas yang keluar dari bebatuan yang diinjak, gelegak air di tengah kawah, dan mencium aroma belerang yang tidak terlalu menyengat.

Keindahan panorama alam di Danau Kawah Putih ini bisa dinikmati sambil berjalan santai mengelilingi danau atau duduk santai di shelter-shelter yang disediakan di kawasan tersebut.  Selain itu, kawasan wisata ini juga terkenal dengan beragam jenis flora langka seperti bunga Eldelweis,  tanaman Cantiqi yang harum, tanaman Lemo yang bisa digunakan untuk mengusir  binatang berbisa, dan Vaccinium yang merupakan tanaman khas kawah. Di kawasan ini juga terdapat beragam jenis fauna seperti elang, monyet, kancil, babi hutan, macan kumbang, dan macan tutul. 

Meskipun warna putih menjadi warna yang mendominasi air kawah dan pasir serta bebatuan di kawasan wisata ini, para wisatawan juga bisa menyaksikan perubahan warna pada air kawah di danau ini. Warna airnya terkadang berubah menjadi hijau apel dan kebiru-biruan. Ketika matahari sedang terik dan cuaca terang, warnanya bisa berubah menjadi cokelat. Perubahan warna air tersebut semakin menambah keindahan panorama alam di kawasan wisata ini.
Danau Kawah Putih
Wisatawan di Danau Kawah Putih

Objek Wisata Danau Kawah Putih Gunung Patuha berada di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.  Jarak kawasan wisata ini dari Kota Bandung adalah sekitar 46 kilometer ke arah selatan. Dari kota Bandung, para wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung menuju lokasi Kawah Putih melewati kota Ciwidey sebagai gerbang utama menuju kawasan wisata Bandung Selatan. Dari Kota Ciwidey, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 5 kilometer untuk tiba di lokasi. 

Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan transportasi umum, ada dua alternatif angkutan yang bisa dipilih dari dari Terminal Bus Leuwipanjang Bandung. Alternatif pertama adalah angkutan kota dan alternatif kedua adalah bus Sukaraja. Kedua alternatif angkutan tersebut adalah jurusan Bandung-Ciwidey menuju pintu masuk Kawah Putih.  
Pihak pengelola kawasan wisata ini menyediakan beberapa fasilitas untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para wisatawan yang datang ke kawasan wisata ini, seperti toilet umum, lahan parkir, mushala, dan suvenir. 

Di tempat wisata ini juga terdapat gubuk-gubuk dari bambu yang menjadi lokasi pusat jajanan dan warung serba ada.  Selain itu, lokasi tersebut juga merupakan tempat bagi para petani di sekitar kawasan ini untuk menjual hasil kebunnya seperti stroberi, jagung bakar dan rebus, serta buah pepito. Bagi para wisatawan yang ingin menginap, di sepanjang jalur wisata Ciwidey villa, hotel, dan wisma dengan tarif yang terjangkau. Selain itu, para wisatawan juga bisa menyewa tenda untuk bermalam di kawasan wisata ini.
Load disqus comments

0 komentar