Monday, May 18, 2015

Tempat Wisata Gua Selarong

Selain menikmati udaranya yang sejuk, Anda yang berwisata ke gua ini juga bisa melakukan wisata sejarah sebab gua ini pernah dijadikan markas oleh Pangeran Diponegoro dalam perang gerilya melawan penjajah Belanda. Oleh karena itu, gua ini sangat berbeda dengan gua-gua lain yang biasanya memiliki lorong yang panjang, gelap, dan pengap. Akan tetapi, gua ini justru lebih terlihat seperti sebuah kamar yang biasa dijadikan sebagai tempat peristirahatan.

Selain jejak sejarah tersebut, Anda bisa menemukan sebuah monumen bersejarah yang hanya berjarak sekitar 300 meter ke arah selatan dari gua ini., yaitu Ompak Masjid atau tiang penyangga masjid. Konon, tempat ini dulu pernah dijadikan tempat shalat oleh Pangeran Diponegoro meskipun jejak masjidnya sudah tidak ada. Di samping itu, Anda juga bisa menikmati udara sejuk sambil mengedarkan pandangan untuk menikmati pesona alam di sekitar bukit ini. Untuk itu, pihak pengelola menyediakan sebuah gardu pandang.


Kawasan wisata Gua Selarong terletak di Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak yang harus Anda tempuh untuk tiba di lokasi wisata ini dari Kota Yogyakarta adalah sekitar 13 km. Sedangkan jika Anda memulai perjalanan dari Kota Bantul, jarak yang harus Anda tempuh hanya sekitar 3 km. Jalan yang harus Anda lalui untuk tiba di lokasi tergolong mudah karena sudah beraspal dengan baik meskipun lokasinya yang berada di pedalaman pegunungan.
Karena lokasinya yang berada di pedalaman, Anda tidak akan menemukan penginapan di kawasan wisata ini. Meskipun demikian, Anda bisa mencari penginapan di kota terdekat, yaitu Kota Bantul. Selain itu, Anda yang tertarik untuk bermalam di alam terbuka bisa memanfaatkan camping ground yang disediakan pihak pengelola kawasan wisata ini. Begitu juga dengan warung makan, sebaiknya Anda mencarinya di Kota Bantul. Sedangkan sebagai oleh-oleh, Anda bisa membeli buah-buahan khas Gua Selarong, seperti sawo, sawo kecik, jambu biji, kelengkeng, manggis, pisang, rambutan, dan lain sebagainya.
Sumber Gambar:  1. http://cdn-media.viva.id/thumbs2/2012/07/03/3220-0_663_382.jpg
2. http://www.mediablokm.com/wp-content/uploads/2010/10/Gua-Selarong.jpg
Load disqus comments

0 komentar