Friday, May 22, 2015

Tempat Wisata Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot
Pura Tanah Lot merupakan salah satu tujuan wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang datang ke Bali. Pura yang dibangun pada abad ke 16 ini memiliki nama lain, yaitu Pura Pakendungan. Konon, batu karang yang menjadi tempat berdirinya pura tersebut adalah sebuah batu yang dipindahkan oleh orang sakti. Nama tanah lot sendiri memiliki arti tanah di tengah laut.

Pura yang terletak sekitar 50 meter dari pinggir pantai ini, ketika air laut sedang pasang, adalah pura yang digunakan untuk memuja para Dewa penjaga laut. Ketika air laut sedang pasang, pura ini akan dikelilingi oleh air sehingga kelihatan benar-benar berada di tengah laut. Inilah salah satu daya tarik yang membuat kawasan wisata ini banyak dikunjungi wisatawan.
Daya tarik lain yang dimiliki oleh kawasan wisata ini adalah sumber air tawar dan ular suci. Sumber air tawar yang disebut Tirta Pabersihan ini merupakan air suci yang dikeramatkan. Anggapan ini muncul karena, ternyata, masih ada sumber air tawar di tepi pantai yang airnya asin. Sedangkan ular suci yang ada di kawasan wisata ini konon adalah ciptaan Danghyang Nirartha sebagai ular penjaga pura. Wisatawan dapat melihat atau memegang ular ini sambil meletakkan uang receh atau uang koin. 
Selain beberapa daya tarik di atas, sore hari adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh para wisatawan. Daya tarik tersebut adalah indahnya matahari terbenam.

Sunset di Tanah Lot

Pura Tanah Lot masuk ke dalam wilayah Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Jarak lokasi wisata ini dari Kota Tabanan adalah sekitar 13 km ke arah barat Kota Tabanan. Sedangkan dari Kota Denpasar, jarak yang harus ditempuh wisatawan adalah sekitar 25 km ke arah barat. Wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan wisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum.
Jika ingin menginap, wisatawan bisa menemukan banyak penginapan, mulai dari hotel berbintang hingga hotel kelas melati, di sekitar objek wisata ini. Selain itu, wisatawan juga bisa menemukan banyak rumah makan dan restoran yang menawarkan menu dengan cita rasa lokal maupun asing. Bagi Anda yang ingin membawa pulang oleh-oleh, di area parkir kawasan wisata ini terdapat banyak art shop dan kios-kios suvenir.
Sumber Gambar:
1. http://www.balispectacular.com/persistent/catalogue_images/products/pura_tanah_lot_35008685.jpg
2. http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d9/Pura_tanah_lot_sunset_no3.jpg
Load disqus comments

0 komentar