Tuesday, May 26, 2015

Tempat Wisata Pantai Melawai

Bermain di pasir Pantai Melawai
Di kota yang terkenal sebagai kota minyak terdapat satu objek wisata pantai yang layak untuk menjadi tujuan wisata Anda, yaitu Pantai Melawai. Lokasinya yang tidak jauh dari Kota Balikpapan dan terletak di tepian jalan raya serta searah dengan Pantai Banu Patra, Pelabuhan Semayang, dan kawasan kilang minyak Balikpapan, membuat Pantai Melawai menjadi tujuan wisata yang cukup populer bagi masyarakat sekitar. Selain itu, Pantai Melawai juga dikenal sebagai tempat berkumpulnya muda-mudi Balikpapan.

Meskipun lokasi Kota Balikpapan menghadap ke timur atau Selat Makassar sehingga hampir mustahil untuk mendapatkan tempat yang cocok untuk melihat sunset, keberadaan Pantai Melawai yang terletak di teluk kecil memungkinkan kita untuk menyaksikan keindahan terbenamnya matahari.
Panorama alam sore di Pantai Melawai yang indah dapat dinikmati para wisatawan sambil menikmati berbagai makanan di warung-warung lesehan dengan pemandangan laut lepas yang banyak terdapat di kawasan pantai ini. Berbagai makanan dijual di tempat ini, mulai dari camilan ringan hingga makanan berat. Beberapa di antaranya adalah menu khas tempat ini, yaitu jagung bakar, sekoteng, dan pisang gapit yang disajikan bersama saus gula merah serta parutan keju.
Sunset di Pantai Melawai
Eksotisme sunset di Pantai Melawai
Panorama alam khas Melawai juga terasa ketika matahari yang bersinar di balik awan perlahan-lahan turun dan terbenam. Suara ombak yang menghantam batu karang dan bunyi kendaraan yang melintas semakin menambah keindahan sore hari di pantai ini. Lampu kapal yang lalu lalang di Pelabuhan Semayang dan lampu-lampu rig yang berada di laut lepas Balikpapan juga menjadi pemandangan indah yang bisa dinikmati dari pinggir pantai. Semakin malam, kawasan wisata pantai ini akan semakin ramai. Biasanya, mereka memadati kawasan ini hingga pukul 24.00 WITA.
Tidak jauh dari objek wisata Pantai Melawai terdapat sebuah pulau dengan biota laut yang banyak terperangkap di balik batu-batu karang. Ada juga kepiting yang berlomba-lomba masuk ke celah jika ada orang yang datang. Para wisatawan dapat berjalan kaki menuju pula indah tersebut ketika air laut sedang surut. Sepintas, bentuk pulau ini menyerupai Tanah Lot Bali. Pulau tersebut terkenal dengan nama Pulau Tukung atau Pulau Babi.
Pantai Melawai
Pulau Tukung
Lokasi kawasan wisata Pantai Melawai berada di antara Pelabuhan Semayang dan Pantai Banua Patra. Posisinya tepat berada di pinggir Jalan Sudirman, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia. Karena tidak jauh dari kompleks Pertamina, kawasan wisata pantai ini boleh dikatakan mudah untuk didatangi. Bagi para wisatawan yang berangkat dari pusat kota Balikpapan, jarak yang harus ditempuh untuk mencapai Pantai Melawai hanya sekitar 3 km. Kawasan wisata pantai ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Bagi para wisatawan yang ingin menggunakan angkutan umum, bisa memilih angkutan kota dengan nomor 6 (warna biru) dari pusat Kota Balikpapan.
Kawasan wisata Pantai Melawai boleh dibilang sudah memiliki fasilitas yang sangat memadai. Hotel, restoran, tempat karaoke, arena olahraga (Lapangan Merdeka), bank, rumah sakit, dan berbagai sarana pendukung lainnya semua tersedia. Waktu tempuh yang hanya 5 menit untuk menuju ke pusat Kota Balikpapan juga akan memudahkan para wisatawan yang ingin merasakan gemerlapnya kehidupan malam di kota tersebut.
Load disqus comments

0 komentar