Monday, May 18, 2015

Tempat Wisata Kebun Binatang Gembiraloka


Selain sebagai kebun binatang, kawasan wisata yang diresmikan pada tahun 1953 ini juga berfungsi sebagai museum, yaitu museum satwa. Sebagai salah satu tujuan wisata favorit di Yogyakarta, ramainya pengunjung di kebun binatang ini hanya bisa dikalahkan oleh pengunjung di kawasan Malioboro dan Keraton Yogyakarta.
Berbeda dengan kunjungan Anda ke kebun binatang lainnya, Anda yang berwisata ke kebun binatang ini tidak hanya akan menjumpai koleksi satwa yang dipajang di dalam kandang.

Akan tetapi Anda juga bisa menemukan koleksi berupa beberapa jenis binatang yang diawetkan yang disimpan dalam sebuah ruangan khusus. Selain itu, pihak pengelola juga sudah membangun sebuah laboratorium flora dan fauna pada tahun 2007. Selain berjalan-jalan untuk mengenal koleksi yang dimilikinya, ada beberapa aktivitas lain yang bisa Anda lakukan dalam kunjungan Anda ke kebun  binatang ini, seperti duduk-duduk dan menikmati sejuknya udara di taman yang  dihiasi dengan beragam bunga yang sedap dipandang. Di samping itu, wisatawan juga bisa mencoba wahana genjot bebek (kapal wisata) atau mengelili kebun binatang ini dengan gajah dan berfoto dengan beberapa hewan yang menjadi koleksinya.

 
Kebun ini binatang Gembiraloka berada di Jalan Kusumanegara, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak yang harus ditempuh oleh Anda yang berangkat dari Terminal Giwangan adalah sekitar 4 km. Sedangkan dari kawasan Malioboro, Anda harus menempuh jarak sekitar 6 km. Akses menuju lokasi ini tergolong mudah karena banyak angkutan umum yang melewatinya.
Karena belum ada penginapan yang benar-benar dekat dengan kebun binatang ini, sebaiknya Anda yang ingin menginap mencarinya di kawasan Gedong Kuning, sebagai lokasi terdekat, atau di kawasan Malioboro agar pilihan lebih banyak. Sedangkan untuk urusan makan, Anda tidak perlu khawatir karena di sekitar kawasan wisata ini banyak warung dan restoran yang siap melayani Anda. Jika ingin mencari oleh-oleh, di kawasan wisata ini banyak terdapat kios atau pedagang asongan yang menjual suvenir khas daerah ini.
Load disqus comments

0 komentar