Tuesday, June 2, 2015

Tempat Wisata Kepulauan Karimunjawa

Jembatan di Kepulauan Karimunjawa
Jembatan di Kepulauan Karimunjawa
Objek Wisata Alam Kepulauan Karimunjawa adalah gugusan 27 pulau yang terdapat di Laut Jawa. Di antara pulau-pulau tersebut, hanya ada 5 pulau yang dihuni oleh penduduk, yaitu Pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Parang, Pulau Nyamuk, dan Pulau Genting. Pulau Karimunjawa memiliki luas wilayah 111.625 hektar, terdiri dari daratan 1.507,7 hektar, dan perairan 110.117,3 hektar. Konon, nama Karimun diberikan oleh Sunan Muria ketika melihat sebuah pulau di kejauhan yang kelihatan “kremun-kremun” (kabur).


Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh kawasan wisata ini adalah kondisi alamnya yang masih terlihat yang asri. Kekayaan flora dan fauna yang luar biasa di kawasan ini semakin menambah daya tarik tersebut. Beberapa jenis flora yang ada di pulau ini adalah terumbu karang, hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan dataran rendah. Rusa, kera ekor panjang, dan fauna akuatik yang terdiri dari 242 jenis ikan hias dan 133 genera akuatik adalah beberapa di antara beragam jenis fauna yang bisa dijumpai di pulau ini. Selain itu, burung elang laut dada putih, dua jenis penyu, yaitu penyu sisik dan penyu hijau merupakan beberapa jenis fauna langka yang hidup dan berkembang biak di Pulau Burung dan Pulau Geleang, yang merupakan bagian dari kawasan wisata ini.
 
Pemandangan Bawah Laut Karimunjawa
Pemandangan Bawah Laut Karimunjawa
Selain itu, wisatawan yang datang ke pulau ini juga bisa menikmati indahnya pemandangan di bawah laut dengan menaiki glass bottom boat sehingga pemandangan bawah laut yang indah tersebut dapat terlihat dengan jelas dari atas kapal.
Pulau ini menjadi semakin istimewa dengan banyaknya etnis yang tinggal di pulau ini, seperti suku Jawa, Bugis, Makasar, dan Madura. Akan tetapi, di tengah latar belakang etnis yang berbeda tersebut, masyarakat di Pulau Karimunjawa tetap bisa menjaga dan mempertahankan kerukunan sosial di antara mereka. Hal ini terbukti dengan adanya sebentuk kearifan lokal yang dimiliki oleh penduduk di pulau ini, yaitu saling bertukar barang, berupa barang konsumsi rumah tangga atau kerajinan.     
 
Secara administratif, Kepulauan Karimunjawa masuk dalam wilayah Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Akes menuju kawasan wisata ini tergolong mudah karena bisa ditempuh melalui jalur laut dan jalur udara. Bagi wisatawan yang memilih jalur laut, perjalanan menuju Karimunjawa bisa dimulai dari Semarang melalui Pelabuhan Tanjung Mas dan dari Jepara melalui Pelabuhan Kartini. Dari Pelabuhan Tanjung Mas, wisatawan dapat menumpang kapal motor Kartini I yang menuju Karimunjawa. Sedangkan jika berangkat dari Pelabuhan Kartini, wisatawan bisa menumpang kapal motor Muria.   Sedangkan bagi wisatawan yang memilih transportasi udara, Bandara Ahmad Yani, Semarang, bisa menjadi titik awal keberangkatan. Waktu yang dibutuhkan untuk tiba di bandara Dewadaru, Karimunjawa adalah sekitar tiga puluh menit.
 
Pepohonan kelapa di pinggir pantai Karimunjawa
Pepohonan kelapa di pinggir pantai Karimunjawa
Objek Wisata Kepulauan Karimunjawa sudah memiliki berbagai fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Wisatawan yang ingin menginap bisa menemukan berbagai macam penginapan, mulai dari hotel kelas melati hingga hotel berbintang. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat banyak restoran atau rumah makan dengan sajian menu yang bervariasi. Bagi yang ingin membawa pulang oleh-oleh, di kawasan ini juga terdapat banyak kios, baik kios buah-buahan atau kios cenderamata. Selain itu, pihak pengelola kawasan wisata ini menyediakan tempat penyewaan perlengkapan olahraga bahari seperti perlengkapan memancing, menyelam, renang, dan kapal glass bottom boat.
Load disqus comments

0 komentar