Thursday, June 18, 2015

Tempat Wisata Pantai Lahilote Gorontalo

Nama pantai yang menjadi salah satu ikon pariwisata Provinsi Gorontalo ini berasal dari legenda penduduk setempat mengenai seorang pemuda yang bernama Lahilote. Konon, pemuda ini menikah dengan bidadari bernama Boilode Hulawa. Pernikahan tersebut hancur setelah bidadari tersebut menemukan bahwa orang yang mencuri selendangnya adalah suaminya. Setelah mengetahui kepergian istrinya, pemuda tersebut menyusulnya ke kahyangan dan mereka pun hidup bahagia di sana. Akan tetapi, lama-kelamaan rambut pemuda itu mulai dipenuhi uban sehingga dia diusir dari kahyangan. Untuk turun ke bumi, pemuda itu menggunakan rambutnya sebagai tali yang kemudian putus sebelum kakinya menginjak tanah. Jejak kakinya yang membekas di pantai inilah yang membuat kawasan wisata ini disebut sebagai Pantai Lahilote.

Pantai Lahilote
Indahnya panorama alam di Pantai Lahilote
(yukpegi.com)

Selain cerita tersebut, pantai ini memiliki banyak daya tarik lain. Salah satunya adalah garis pantainya yang melengkung sehingga menyerupai sebuah teluk. Selain itu, kawasan perbukitan yang melatarbelakangi pantai ini semakin menyempurnakan keindahan alamnya. Karena ombaknya yang tidak terlalu besar, wisatawan yang datang ke pantai ini bisa berenang dan bahkan snorkeling untuk menyaksikan keindahan bawah lautnya.

Pantai Lahilote
Perbukitan yang menjadi latar belakang Pantai Lahilote
(pasirpantai.com)

Sedangkan pasir pantainya yang putih bersih sangat cocok bagi Anda yang ingin bermain pasir, voli atau sepakbola pantai, atau sekedar berjalan-jalan sambil menikmati panorama alam di sekitar pantai ini. Di sore hari, Anda tidak boleh melewatkan pesona matahari tenggelam yang tentu saja sangat indah.
Kawasan wisata Pantai Lahilote masuk dalam wilayah Kelurahan Pohe, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Jarak yang kawasan wisata ini dari pusat Kota Gorontalo adalah sekitar 6 km. Jika tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa memanfaatkan jasa angkutan umum yang menuju ke lokasi wisata ini.
Untuk urusan penginapan, Anda bisa mencarinya di Kota Gorontalo. Di kota ini, Anda akan menemukan banyak penginapan dengan tarif yang bervariasi. Selain itu, Anda juga akan menemukan banyak warung dan restoran yang menyajikan menu khas daerah ini seperti Bintebiluha.

Pantai Lahilote
Perairan yang tenang di Pantai Lahilote
(jalanjalanyuk.com)

Load disqus comments

0 komentar