Tuesday, June 30, 2015

Eksotisme Tempat Wisata Pulau Penyengat Kepulauan Riau

Pulau yang memiliki luas sekitar 240 hektar ini dulunya adalah pusat pemerintahan Kesultanan Riau. Nama Penyengat sendiri diberikan karena di pulau ini ditemukan banyak lebah. Selain menikmati keindahan panorama alamnya, Anda yang berkunjung ke kawasan wisata ini juga bisa melakukan wisata sejarah

Pulau Penyengat
Keindahan panorama alam Pulau Penyengat dilihat dari kejauhan
(esont.wordpress.com)

Kedatangan Anda di pulau ini akan langsung disambut oleh Masjid Raya Sultan Riau. Di masjid yang dibangun pada tahun 1832 ini, Anda bisa menemukan ratusan naskah kuno beraksara arab dan beberapa al-Quran tulisan tangan. Selanjutnya, Anda bisa meneruskan perjalanan wisata Anda dengan berziarah ke makam-makam tokoh Kerajaan Riau-Lingga, seperti makam Engku Putri Raja Hamidah dan makam Raja Ali Haji. Di sepanjang dinding bangunan makam Raja Ali Haji inilah tempat diabadikannya sebuah karya besar, yaitu Gurindam Dua Belas. 

Masjid Raya Sultan Riau
Masjid Raya Sultan Riau di Pulau Penyengat
(fadlyrahman.wordpress.com)

Tempat lain yang bisa Anda kunjungi di pulau ini adalah Balai Adat dan Benteng Bukit Kursi. Di Balai Adat ini, Anda bisa melihat perkakas-perkakas milik raja dan tuan putri dari Kerajaan Riau-Lingga. Sedangkan Benteng Bukit Kursi adalah sebuah benteng yang dibangun pada tahun 1782-1784 M. Benteng yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Ali Haji digunakan sebagai benteng pertahanan melawan tentara Belanda. 

Pulau Penyengat
Eksotisme sunset di Pulau Penyengat
(dananwahyu.wordpress.com)

Objek wisata Pulau Penyengat berada di Kelurahan Penyengat, Kecamatan Tanjungpinang, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Bagi Anda yang ingin mengunjungi pulau ini, perjalanan bisa dimulai dari Pelabuhan Sri Bintan Pura, Kota Tanjung Pinang. Dari pelabuhan ini, Anda bisa menuju lokasi dengan menyewa perahu motor kecil.
Karena di pulau ini tidak ada penginapan, Anda yang ingin menginap harus mencarinya di Kota Tanjung Pinang. Meskipun demikian, jika Anda mau, Anda bisa menginap di rumah-rumah penduduk yang ada di pulau ini. Sedangkan untuk urusan makan, di sekitar lokasi terdapat beberapa warung makan yang siap melayani Anda.

Load disqus comments

0 komentar