Friday, June 26, 2015

Eksotisme Taman Wisata Alam Bukit Kelam

Objek wisata yang memiliki luas lahan sekitar 520 hektar ini baru diresmikan sebagai Taman Wisata Alam Bukit Kelam pada tanggal 6 Juni 1992.  Kawasan berada di ketinggian sekitar 50-900 meter di atas permukaan laut.
Selain keindahan pemandangan alamnya, wisatawan yang berekreasi ke objek wisata ini bisa menemukan beberapa jenis flora dan fauna langka. Flora-flora langka tersebut antara lain adalah bangeris (koompassia sp), tengkawang (dipterocarpus sp), anggrek (archidaceae), dan kantong semar raksasa. Sedangkan fauna langkanya antara lain adalah beruang madu (heralctus mayalanus), dan alap-alap (acciptiter badios). 

Bukit Kelam
Bukit Kelam dilihat dari kejauhan
(fathurvbf.wordpress.com)

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan yang lebih eksotis dan menyukai tantangan, mendaki hingga puncak Bukit Kelam tidak boleh Anda lewatkan. Untuk memudahkan wisatawan, pihak pengelola menyediakan tangga batu yang terletak di sebelah barat bukit ini. Dari puncak bukit ini, Anda bisa menyaksikan panorama alam yang indah berupa hamparan hutan tropis yang hijau, Sungai Kapuas dan Sungai Melawi, Kota Sintang yang terlihat indah dari kejauhan, serta areal persawahan yang menghampar luas di bawahnya. Selain itu, Anda juga bisa menemukan beberapa gua alam yang terdapat di puncak bukit ini. Kemiringan buktinya yang berkisar antara 15°-40° sangat cocok bagi Anda yang menyukai olahraga paralayang dan panjat tebing.

Bukit Kelam
Panorama alam Bukit Kelam yang indah
(telusurindonesia.com)

Taman Wisata Alam Bukit Kelam masuk ke dalam wilayah Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. Bagi Anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini, perjalanan bisa dimulai dari Kota Sintang. Jarak yang harus ditempuh untuk tiba di lokasi adalah sekitar 19 km ke arah timur. Setelah tiba di pelataran parkir objek wisata ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menaiki tangga batu yang sudah tersedia.
Untuk urusan penginapan, ada dua alternatif yang bisa Anda pilih, yaitu bermalam di alam bebas dengan menggunakan fasilitas camping ground atau menyewa penginapan yang banyak terdapat di kawasan ini. Di sekitar lokasi juga terdapat banyak warung makan yang siap melayani kebutuhan Anda. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat terminal bus, area parkir, kolam renang, lapangan tenis, shelter-shelter, pusat oleh-oleh dan cenderamata, dan toilet.
Load disqus comments

0 komentar