Saturday, July 4, 2015

Eksotisme Tempat Wisata Danau Kelimutu NTT

Objek wisata ini berada di ketinggian sekitar 1.631 meter di atas permukaan laut, tepatnya di puncak Gunung Kelimutu. Danau ini sendiri terbagi menjadi tiga buah kubangan besar dan masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri. Keistimewaan tersebut berasal dari warna airnya yang selalu berubah setiap tahun. Salah satunya yang berwarna merah dapat berubah menjadi hijau tua dan merah hati. Sedangkan air danau yang berwarna hijau tua bisa berubah menjadi hijau muda. Dan, air danau yang berwarna cokelat kehitaman bisa berubah warna menjadi biru langit.

Air danau kelimutu yang berwarna biru langit
Air danau kelimutu yang berwarna biru langit
(maritimenews.id)

Selain daya tarik tersebut, Anda juga bisa menemukan beberapa jenis flora dan fauna di sekitar danau ini. Flora-flora tersebut antara lain adalah kesambi, cemara, serta dan bunga edelweiss. Sedangkan faunanya antara lain adalah rusa, babi hutan, ayam hutan, dan elang. Kondisi ini tentu saja semakin melengkapi keindahan panorama alam yang dimiliki oleh Danau Kelimutu.

Indahnya panorama alam di sekitar Danau Kelimutu
Indahnya panorama alam di sekitar Danau Kelimutu
(pbs.twimg.com)

Danau Kelimutu menjadi bagian dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Detsuko,  Kecamatan Wolowaru, dan Kecamatan Ndona,  Kabupaten  Dati II Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk tiba di lokasi, Anda bisa memulai perjalanan dari Kota Ende. Dari kota ini, Anda bisa naik minibus menuju Desa  Kaonara dengan jarak sekitar 93 km dan waktu tempuh sekitar 3 jam. Selanjutnya, perjalanan menuju lokasi danau harus Anda lanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2,5 km.
Meskipun tidak terlalu lengkap, objek wisata ini boleh dibilang memiliki fasilitas dan akomodasi yang cukup memadai. Jika Anda ingin menginap, di sekitar lokasi terdapat beberapa losmen yang bisa Anda sewa. Bagi Anda yang tidak ingin makan di losmen, di sekitar lokasi terdapat beberapa rumah makan yang siap melayani Anda.

Eksotisme senja di Danau Kelimutu
Eksotisme senja di Danau Kelimutu
(anekatempatwisata.com)


Load disqus comments

0 komentar