Saturday, July 4, 2015

Eksotisme Tempat Wisata Danau Paniai Papua

Danau yang memiliki sekitar 14.500 hektar ini berada pada ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut. Lokasinya yang dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan membuat objek wisata ini memiliki udara yang segar serta panorama alam yang sangat mempesona. Daya tarik yang dimiliki oleh danau ini menjadi semakin lengkap dengan adanya bebatuan dan pasir di pinggir danaunya. Selain pemandangan alamnya yang indah, Anda juga akan menemukan beberapa jenis air tawar yang hidup di danau ini, seperti nila, mujair, atau mas serta beberapa jenis udang, yang salah satunya merupakan endemik Papua, yaitu udang selingkuh. 

Eksotisme pemandangan alam di Danau Paniai
Eksotisme pemandangan alam di Danau Paniai
(biasputih.com)

Eksotisme danau ini tidak hanya bisa Anda nikmati dari pinggir danau saja. Tapi, Anda juga bisa menyewa perahu untuk memancing ke tengah danau atau sekedar mengelilingi danau sambil mencari objek yang bagus untuk Anda potret. Keindahan alam di danau ini terasa semakin mengagumkan di sore hari. Saat itu, Anda bisa menyaksikan perahu nelayan yang mulai menepi dan burung-burung yang sesekali menyambar air.
Setelah puas menikmati keindahan danau ini, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke perkampungan Suku Mee dan Suku Moni, yang merupakan dua suku besar yang tinggal di sekitar danau. 

Nelayan yang sedang mencari ikan di Danau Paniai
Nelayan yang sedang mencari ikan di Danau Paniai
(rhiezhue.blogspot.com)

Objek wisata Danau Paniai berada di Kecamatan Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua. Jika Anda ingin berwisata ke danau ini, ada dua rute yang bisa Anda tempuh dari Kota Enarotali. Rute yang pertama adalah jalur darat yang bisa ditempuh dengan menyewa bus. Sedangkan rute yang kedua adalah jalur udara dengan menggunakan pesawat jenis Cessna.  

Eksotisme senja di Danau Paniai
Eksotisme senja di Danau Paniai
(msyarifulh.wordpress.com)

Karena tidak ada penginapan, Anda yang ingin menginap harus menyewa rumah-rumah penduduk yang ada di sekitar danau. Untuk urusan makan dan minum, Anda bisa mendapatkannya di warung-warung kecil yang ada di sekitar lokasi. Sedangkan bagi Anda yang ingin mendapatkan fasilitas dan akomodasi yang lebih lengkap, sebaiknya mencarinya di Kota Enarotali.
Load disqus comments

0 komentar