Sunday, July 5, 2015

Menelusuri Jejak Peninggalan Inggris di Benteng Marlborough Bengkulu

Benteng yang merupakan peninggalan Inggris di awal abad 18 ini merupakan salah satu objek wisata sejarah yang menjadi andalan Provinsi Bengkulu. Daya tarik Benteng Marlborough terletak pada struktur bangunannya yang terdiri dari bagian-bagian yang sangat lengkap. Sebelum Anda memasuki bangunan induk, Anda harus melewati sebuah jembatan karena bangunan benteng ini dikelilingi oleh parit. 

Jembatan untuk melewati bangunan induk benteng Marlborough
Jembatan untuk melewati bangunan induk benteng Marlborough
(kotawisataindonesia.com)

Bangunan benteng ini juga dilengkapi dengan bastion di keempat sudutnya. Bastion-bastion ini berfungsi sebagai menara jaga. Selain itu, di dalam bangunan benteng ini Anda akan menemukan kamar-kamar yang dulunya digunakan sebagai penjara.
Benteng Marlborough berada di Jl. Ahmad Yani, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Lokasinya yang berada di tengah Kota Bengkulu membuat benteng ini mudah diakses. Bagi Anda yang datang ke Bengkulu dengan pesawat terbang, perjalanan dari Bandar Udara Fatmawati Bengkulubisa dilakukan dengan naik taksi atau mobil sewaan yang membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Kawasan wisata sejarah ini juga bisa diakses dari Terminal Bengkulu. Dari terminal ini, Anda bisa naik bus yang menuju ke Alun-alun Kota Bengkulu dan turun tepat di depan Benteng Marlborough. 

Meriam di Benteng Marlborough
Meriam di Benteng Marlborough
(mondasiregar.wordpress.com)

Anda yang datang ke kawasan wisata sejarah ini tidak perlu mengkhawatirkan masalah fasilitas dan akomodasi. Letaknya yang berada di jantung kota akan membuat Anda mudah menemukan penginapan mulai dari yang murah hingga yang mahal. Sedangkan bagi Anda yang ingin mencari makan, di sekitar kawasan ini juga banyak dijumpai restoran dan warung makan dengan beragam menu yang berbeda. Selain itu, Anda juga akan dapat dengan mudah menemukan pusat perbelanjaan serta toko-toko yang menjual beragam pernak-pernik sebagai oleh-oleh khas daerah ini.

Benteng Marlborough dilihat dari atas
Benteng Marlborough dilihat dari atas
(joyoretail.wordpress.com)

Load disqus comments

0 komentar