Thursday, July 2, 2015

Eksotisme Tempat Wisata Pulau Moyo Sumbawa


Pulau yang memiliki luas hanya 330 km2 dengan variasi ketinggian 0-648 meter di atas permukaan laut ini memiliki kekayaan alam yang beraneka ragam. Di pulau yang memiliki garis pantai sejauh 88 km ini, Anda bisa menemukan hutan hujan, hutan bakau, dan bahkan padang rumput. Keanekaragaman ini membuat Anda bisa melakukan banyak hal di pulau ini.

Eksotisme Keindahan Alam Pulau Moyo
Eksotisme Keindahan Alam Pulau Moyo
(indonesiatravelplace.com)

Salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan adalah hiking di hutan yang memiliki keindahan alam yang asri. Selain itu, Anda juga bisa menyusuri beberapa sungai dan merasakan segarnya Air Terjun Brang Rea atau Air Terjun Mata Jitu yang ada di kawasan hutan ini. Jika menginginkan sesuatu yang lebih menantang, Anda bisa menjelajahi beberapa gua, seperti Gua Ai Manis yang menjadi sarang ratusan kelelawar. 

Keindahan Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo
Keindahan Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo
(cepamagz.com)

Sedangkan bagi Anda yang ingin menikmati keindahan bawah laut, snorkeling dan diving adalah pilihan yang tepat. Di kedalaman tertentu, Anda bisa menyaksikan keindahan terumbu karang dan beragam jenis ikan, seperti ikan hiu dengan panjang kurang lebih dua meter, anemon, pelagik, belut, gropuers, serta manta. Setelah puas berpetualang di pulau ini, Anda bisa beristirahat di hamparan pasir putih yang bersih sambil menunggu matahari tenggelam.

Menikmati keindahan pemandangan bawah laut Pulau Moyo
Menikmati keindahan pemandangan bawah laut Pulau Moyo
(ayokesumbawa.wordpress.com)

Secara administratif, Pulau Moyo merupakan bagian dari Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jika Anda ingin berlibur ke pulau ini, perjalanan bisa Anda mulai dari Kota Sumbawa Besar. Dari kota ini, Anda harus melakukan perjalanan sejauh 20 km ke arah utara menuju kampung pesisir bernama Ai Bari. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi dengan menyewa speedboat.
Jika ingin menginap, Anda harus siap bermalam di alam bebas karena fasilitas penginapan yang disediakan hanya tenda. Untuk urusan makan, di pulau ini terdapat sebuah resort yang siap melayani kebutuhan Anda.
Load disqus comments

0 komentar