Thursday, July 16, 2015

Menelusuri Jejak-Jejak Kejayaan Keraton Kasepuhan Cirebon

Menelusuri Jejak-Jejak Kejayaan Keraton Kasepuhan Cirebon - Cikal bakal dari Keraton Kasepuhan Cirebon adalah keraton yang didirikan oleh Pangeran Sri Mangana Cakrabuana, Keraton Pakungwati, sekitar tahun 1480 M. Keraton ini berganti nama menjadi Keraton Kasepuhan sejak tahun 1697 M. Pada tahun 1988, dua buah ruangan yang terletak di bagian depan keraton ini dijadikan sebagai museum. 

Keraton Kasepuhan Cirebon
Keraton Kasepuhan Cirebon
(klikhotel.com)

Kedatangan Anda ke keraton ini akan disambut oleh nuansa Kota Cirebon tempo dulu. Selain itu, di keraton ini, Anda juga akan melihat akulturasi dari berbagai kebudayaan, seperti kebudayaan Jawa dengan kebudayaan Sunda dan kebudayaan lainnya di dunia, seperti Cina, India, Arab, dan Eropa. Salah satunya bisa dilihat dari bentuk gerbangnya yang menyerupai pura di Bali, ukiran daun pada pintu gapuranya yang bergaya Eropa, pagar Siti Hingilnya dari keramik Cina, dan tembok yang mengelilingi keraton terbuat dari bata merah khas arsitektur Jawa.

Keraton Kasepuhan Cirebon
Bagian dalam Keraton Kasepuhan Cirebon
(rofioel.wordpress.com)

Daya tarik lain bisa Anda jumpai di dua ruangan yang dijadikan museum. Di ruangan tersebut, Anda bisa melihat beragam koleksi, seperti kereta kencana singa barong, dua tandu kuno, dan berbagai jenis senjata pusaka berusia ratusan tahun, cenderamata berupa perhiasan dan senjata dari luar negeri, seperti senapan Mesir, meriam Mongol, dan zirah Portugis. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai singgasana raja yang terbuat dari kayu sederhana dengan latar sembilan warna bendera yang melambangkan Wali Songo. 

Keraton Kasepuhan Cirebon
Bagian belakang Keraton Kasepuhan Cirebon
(dianrentcarcirebon.com)

Sedangkan di halaman belakang, wisatawan bisa menemukan taman istana dan beberapa sumur dari mata air. Air yang berasal dari sumur-sumur tersebut dianggap keramat dan membawa berkah sehingga banyak wisatawan yang membawa pulang air tersebut.     
   
Keraton Kasepuhan berada di Jl. Keraton Kasepuhan No. 43, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Akses menuju lokasi wisata ini tergolong mudah karena bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum, baik dari dalam maupun luar kota. 

Untuk urusan makan, minum, atau penginapan, wisatawan tidak perlu khawatir sebab di sekitar kawasan wisata ini terdapat banyak warung makan atau restoran dengan beragam menu yang menarik serta beragam penginapan dengan tarif yang terjangkau. Selain itu, Anda juga bisa membeli oleh-oleh dari kios-kios suvenir yang banyak terdapat di kawasan wisata ini. 

Demikianlah sekilas info tentang Menelusuri Jejak-Jejak Kejayaan Keraton Kasepuhan Cirebon. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lain di Tempat Wisata Eksotis di Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.
Load disqus comments

0 komentar