Wednesday, July 15, 2015

Menelusuri Jejak Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Situs Candi Muaro Jambi

Menelusuri Jejak Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Situs Candi Muaro Jambi - Kompleks candi yang menempati lahan seluas 12 km ini diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Kerajaan Sriwijaya. Di kompleks ini, Anda bisa menemukan beberapa bangunan candi, baik yang berukuran besar maupun kecil. Bangunan candi besar yang ada di kawasan ini berjumlah sembilan buah, yaitu Candi Kuto Mahligai, Candi Kedaton, Candi Gedong I, Candi Gedong II, Candi  Gumpung, Candi Tinggi, Candi Telago Rajo, Candi Kembar Batu, dan Candi Astomo.  

Kompleks Candi Muaro Jambi
Kompleks Candi Muaro Jambi
(harpin.wordpress.com)

 
Daya tarik lain yang dimiliki oleh kawasan wisata ini adalah sebuah museum yang dibangun di dalam kompleks candi. Di museum ini, Anda bisa menemukan sisa-sisa peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang masih terawat dengan baik. Benda-benda peninggalan yang bisa Anda jumpai di antaranya adalah Arca Dwarapala, belanga dari  perunggu, padmasana (tempat  duduk arca), tiga patung gajah dari batu, puluhan batu bata kuno, rata-rata  berukuran 18x32 cm dengan tebal 6 cm. Selain itu, Anda juga menjumpai koleksi lain seperti tembikar, artefak perunggu, belanga logam dengan berat 160 kg dengan tinggi 0,67  meter dan lingkar bibir 1,06 meter, pecahan keramik dan porselen  kuno dari abad ke-9 hingga ke-11 Masehi. 

Candi Telago Rajo
Candi Telago Rajo
(jambiprov.go.id)

Situs Candi Muaro Jambi masuk ke dalam wilayah Desa Muara Jambi, kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Jarak kawasan wisata ini dengan Kotamadya Jambi adalah sekitar 25 ke arah timur laut, tepatnya di tepi Sungai Batanghari. Perjalanan menuju lokasi wisata ini bisa dilakukan dengan memilih salah satu di antara dua jalur, yaitu jalur darat dan jalur sungai. Perjalanan melalui jalur darat juga bisa dilakukan dengan melalui dua alternatif rute. Perjalanan melalui rute pertama bisa dimulai dari Kotamadya Jambi menuju Olak Kemang dan dilanjutkan menuju kompleks candi. Rute yang kedua bisa dimulai dari Kotamadya Jambi menuju Jembatan Aur Duri hingga sampai di Simpang Jambi Kecil. Selanjutnya, perjalanan bisa dilanjutkan menuju lokasi wisata ini. Sedangkan bagi Anda yang memiliki jalur sungai, waktu yang Anda butuhkan untuk tiba di lokasi wisata ini adalah sekitar 20 menit dengan menggunakan speed boat. 

Museum di Kompleks Candi Muaro Jambi
Museum di Kompleks Candi Muaro Jambi
(media-cdn.tripadvisor.com)

 
Jika ingin mencari makan, wisatawan bisa mendapatkannya di warung atau rumah makan yang banyak terdapat di sekitar kawasan wisata ini. Sedangkan bagi Anda yang ingin menginap, sebaiknya mencari penginapan di kota Kabupaten Muaro Jambi.

Demikianlah sekilas info tentang Menelusuri Jejak Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Situs Candi Muaro Jambi. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lain di Tempat Wisata Eksotis di Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.
Load disqus comments

0 komentar