Saturday, July 11, 2015

Eksotisme Taman Nasional Teluk Cendrawasih Papua


Taman nasional yang diresmikan pada tahun 1993 ini merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia, yaitu dengan luas sekitar 1.453.500 hektar. Berwisata ke teluk ini tergolong istimewa karena Anda bisa mendatangi beberapa objek wisata sekaligus.
Bagi Anda yang menyukai wisata bahari, ada beberapa pulau yang bisa Anda datangi, seperti Pulau Nusrowi, Pulau Yoop, atau Pulau Mioswaar. Perairan di ketiga pulau menawarkan keindahan bawah laut yang sangat mempesona. Selain itu, Anda juga bisa melihat dari dekat ikan paus dan lumba-lumba yang banyak hidup di sana.

Eksotisme panorama alam Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Eksotisme panorama alam Taman Nasional Teluk Cendrawasih
(epariwisata.com)

Sedangkan bagi Anda yang ingin melakukan wisata sejarah, Pulau Mioswaar adalah tempat yang tepat untuk Anda datangi. Di pulau ini, ada gua alam peninggalan zaman purba, yang di dalamnya terdapat kerangka leluhur etnik Wandau. Selain itu, Anda juga akan menjumpai sebuah sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam. Objek wisata sejarah lain yang bisa Anda datangi terletak di Pulau Numfor. Di pulau ini, Anda bisa mendatangi sebuah gua yang di dalamnya terdapat tengkorak manusia serta piring-piring antik dan peti-peti berukir. 

Berenang di dekat hiu paus
Berenang di dekat hiu paus
(kompasiana.com)

Secara administratif, Taman Nasional ini berada di wilayah Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Paniai, Provinsi Papua. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Taman Nasional Teluk Cendrawasih, ada dua kota yang bisa Anda gunakan untuk memulai perjalanan Anda, yaitu Manokwari dan Nabire. Jika berangkat dari Manokwari, Anda harus menempuh jarak sekitar 95 km. Sedangkan bagi Anda yang berangkat dari Nabire, jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 38 km. Kedua jalur tersebut harus ditempuh melalui jalur laut. 

Eksotisme pemandangan bawah laut Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Eksotisme pemandangan bawah laut Taman Nasional Teluk Cendrawasih
(1hal.com)

Karena objek wisata ini belum memiliki fasilitas penunjang yang memadai, Anda yang ingin menginap harus menggunakan pondok wisata BTNTC atau di rumah-rumah penduduk. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan makanan dan minuman dari penduduk setempat.
Load disqus comments

0 komentar