Thursday, July 16, 2015

Menelusuri Jejak Sejarah Perjuangan Kemerdekaan di Museum Perundingan Linggarjati

Menelusuri Jejak Sejarah Perjuangan Kemerdekaan di Museum Perundingan Linggarjati - Museum ini dulunya adalah gedung yang menjadi tempat terjadinya peristiwa penting dalam sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia, yaitu Perjanjian Linggarjati. Gedung ini pertama kali dibangun oleh Tuan Mergen atau yang dikenal juga dengan sebutan Tuan Tersana sekitar tahun 1921. Gedung yang menempati lahan seluas 2,4 hektar ini baru ditetapkan sebagai museum pada tahun 1976. 

Museum Perundingan Linggarjati
Gedung Museum Perundingan Linggarjati
(cdn-media.viva.id)

Wisatawan yang datang ke museum ini bisa menemukan sisa-sisa perjuangan rakyat Indonesia di masa penjajahan. Salah satunya bisa Anda temukan di ruangan tengah. Di ruangan ini, Anda bisa menemukan koleksi foto yang berkaitan dengan Perjanjian Linggarjati serta gambar perkembangan kondisi gedung dari masa ke masa yang sempat diabadikan dengan kamera. Selain itu, di ruangan ini pula, wisatawan juga bisa menemukan semacam diorama yang menggambarkan proses perundingan, lengkap dengan meja-kursi dan patung para delegasi perundingan. 

Museum Perundingan Linggarjati
Diorama proses perundingan Linggarjati
(visitkuningan.com)

Jejak sejarah lainnya yang bisa Anda temukan di ruangan ini adalah sebuah papan berukuran cukup besar yang berisi pasal-pasal hasil kesepakatan Perundingan Linggarjati. Selain melakukan wisata sejarah, wisatawan yang datang ke museum ini juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk di kawasan berada di lereng pegunungan ini.

Museum Perundingan Linggarjati
Pegunungan yang menjadi latarbelakang Museum Perundingan Linggarjati
(tuntasmedia.com)

Museum Perundingan Linggarjati berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya yang berada jauh dari pusat kota tidak membuat museum ini sulit diakses karena jalannya yang sudah diaspal dengan baik. Jarak yang harus ditempuh oleh wisatawan yang berangkat dari Kota Cirebon adalah sekitar 30 km dan 17 km dari Kota Kuningan. 

Bagi Anda yang ingin menginap, tidak jauh dari kawasan wisata ini terdapat hotel atau villa yang bisa Anda sewa. Selain itu, Anda juga tidak akan kesulitan untuk menemukan warung makan di sekitar kawasan wisata ini. Sedangkan bagi Anda yang ingin mencari oleh-oleh, di kawasan wisata ini terdapat banyak penjual suvenir yang menjual pernak pernik bertuliskan “Gedung Perjanjian Linggarjati”.

Demikianlah sekilas info tentang Menelusuri Jejak Sejarah Perjuangan Kemerdekaan di Museum Perundingan Linggarjati. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lain di Tempat WisataEksotis di Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.
Load disqus comments

0 komentar