Tuesday, July 14, 2015

Eksotisme Tempat Wisata Tugu Khatulistiwa Kalbar

Eksotisme Tempat Wisata Tugu Khatulistiwa Kalbar - Pembangunan tugu yang dimulai pada tahun 1928 ini dimaksudkan untuk menandai bahwa Kota Pontianak merupakan salah satu daerah yang dilalui oleh garis imajiner khatulistiwa. Akan tetapi, setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, sebuah tim dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengoreksi lokasi titik nol garis khatulistiwa yang sebenarnya, yang ternyata berada sekitar 117 meter ke arah Sungai Kapuas dari lokasi tugu yang sekarang ini.

Tugu Khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa
(photos.travelblog.org)

Selain melihat bangunannya yang tergolong unik karena terbuat dari kayu ulin, bukan dari semen, wisatawan juga bisa melihat dokumentasi sejarah pembangunan tugu dari awal berdirinya hingga sekarang ini.  

Tugu ini sangat ramai dikunjungi wisatawan pada saat terjadinya fenomena titik kulminasi matahari yang bersiklus dua kali setahun. Siklus yang terjadi pada tanggal 21-23 Maret dinamakan vernal equinox (titik pertemuan pertama) sebagai tanda awal musim semi, sedangkan siklus yang terjadi pada tanggal 21-23 September dinamakan autumnal equinox (titik pertemuan kedua) sebagai tanda awal musim gugur. Meski hanya sekitar 5-10 menit, melihat langsung benda-benda yang berada di sekitar tugu tersebut tidak memiliki bayangan, tentu saja menimbulkan sensasi tersendiri yang sulit untuk dilukiskan bentuknya.
 
Taman Alun-Alun Kapuas
Suasana malam di Taman Alun-Alun Kapuas
(panoramio.com)
Selain itu, objek wisata ini juga menawarkan panorama alam yang indah, khususnya di sore dan malam hari. Untuk menambah kenyamanan wisatawan, pihak pengelola menyediakan sebuah taman yang bisa digunakan untuk bersantai menikmati keindahan Sungai Kapuas di malam hari. Eksotisme tersebut semakin lengkap dengan kerlap-kerlip lampu dari daerah seberang Sungai Kapuas yang terlihat begitu indah dari taman ini.

Tugu Khatulistiwa terletak di Jl. Khatulistiwa, Kelurahan Siantan, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Lokasinya yang hanya sekitar 5 km di sebelah utara Kota Pontianak membuat objek wisata ini mudah diakses. 

Tugu Khatulistiwa
Pemandangan alam di sekitar Tugu Khatulistiwa
(dodaholiday.com)

Anda yang ingin menginap bisa menemukan banyak penginapan, mulai dari wisma hingga hotel di sekitar kawasan wisata ini. Sedangkan bagi Anda yang ingin mencari makan, di sekitar tugu ini terdapat banyak warung makan dan restoran yang siap melayani Anda. Selain itu, objek wisata ini juga memiliki beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti masjid, toko suvenir, dan areal parkir.

Demikianlah sekilas info tentang Eksotisme Tempat Wisata Tugu Khatulistiwa Kalbar. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lain di Tempat Wisata Eksotis di Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

Load disqus comments

0 komentar