Monday, July 13, 2015

Masjid Istiqlal: Bentuk Rasa Syukur atas Kemerdekaan Indonesia

Masjid yang menjadi ikon bangsa Indonesia ini didirikan pada tanggal 24 Agustus 1961. Masjid ini dibangun sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia sehingga nama yang digunakan adalah istiqlal, yang dalam bahasa Arab memiliki arti kemerdekaan. Luas dari Masjid Istiqlal adalah sekitar 2,5 hektar di atas areal seluas 9,5 hektar dengan tinggi mencapai 55,8 meter. 

masjid istiqlal
Masjid Istiqlal; salah satu ikon Kota Jakarta
(orangepackagetours.wordpress.com)

Salah satu daya tarik dari masjid ini adalah arsitektur bangunannya yang khas. Bangunannya yang bergaya arsitektur Islam modern memiliki konstruksi bangunan didominasi oleh batuan marmer dan besi anti karat, mulai dari lantai, dinding, hingga kubahnya. Kemegahan masjid yang terdiri dari lima lantai ini tentu saja dapat membuat wisatawan yang datang berdecak kagum. 

Interior Masjid Istiqlal
Interior Masjid Istiqlal yang megah
(pompei-hotels.com)

Masjid ini berada Jl. Pintu Air, Jakarta Pusat, Propinsi DKI Jakarta. Lokasinya yang berdekatan dengan Stasiun Gambir membuat kawasan wisata ini mudah dicapai. Wisatawan yang ingin berwisata ke masjid ini bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kedaraan umum. 

Pemandangan Masjid Istiqlal di malam hari
(fotografi.master.web.id)


Anda yang ingin berwisata ke masjid ini tidak perlu mengkhawatirkan masalah akomodasi dan fasilitas. Di sekitar kawasan masjid, Anda bisa menemukan beragam penginapan dengan tarif yang bervariasi. Selain itu, Anda juga akan dapat dengan mudah menemukan warung makan ataupun restoran di sekitar kawasan masjid ini.
Load disqus comments

1 komentar: