Friday, July 3, 2015

Eksotisme Tempat Wisata Pulau Komodo

Nama pulau yang menjadi habitat bagi sejenis kadal raksasa ini diberikan oleh pihak Belanda pada tahun 1910. Sejak publikasi mengenai pulau ini mulai dilakukan oleh pemerintah Hindia Belanda, banyak orang yang mulai tertarik untuk mendatanginya, mulai dari peneliti hingga wisatawan. Dalam perkembangannya, kawasan yang terdiri dari dua pulau besar ini, Pulau Rinca dan Padar, kemudian ditetapkan sebagai Taman Nasional.

Eksotisme pemandangan alam Pulau Komodo
Eksotisme pemandangan alam Pulau Komodo
(nawaladutawisata.com)

Sesuai dengan namanya, daya tarik utama dari pulau ini adalah komodo. Jika berkunjung ke objek wisata ini, Anda bisa melihat secara langsung berbagai aktivitas hewan langka ini, seperti perkawinan komodo yang terjadi antara bulan Mei hingga Agustus; komodo tengah menyantap rusa, kambing, babi serta komodo yang sedang berjemur di jalanan atau di cabang pepohonan.

Hamparan pasir pantai di Pulau Komodo
Hamparan pasir pantai di Pulau Komodo
(cloudfront.net)

Pulau Komodo masuk ke dalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai lokasi, Anda bisa memulai perjalanan dari Kota Kupang. Dari kota ini, Anda bisa naik pesawat menuju Ende, sebuah kota di Pulau Flores. Selanjutnya, perjalanan bisa Anda lanjutkan menuju Kota Labuhanbajo dengan naik bus. Dari kota ini, perjalanan menuju lokasi bisa dilanjutkan dengan naik speedboat.
Anda yang berwisata ke pulau ini tidak perlu mengkhawatirkan masalah fasilitas dan akomodasi. Sebab, di pulau ini terdapat resort bertaraf internasional dengan fasilitas yang memadai. Selain itu, di pulau ini juga terdapat beberapa pondokan dan restoran yang dikelola oleh penduduk lokal.  

Kadal purba (komodo) yang bebas berkeliaran di Pulau Komodo
Kadal purba (komodo) yang bebas berkeliaran di Pulau Komodo
(klikntrip.com)

Load disqus comments

0 komentar