Sunday, August 16, 2015

Eksotisme Tempat Wisata Lembah Harau

Eksotisme Tempat Wisata Lembah Harau - Inilah salah satu lembah terindah di Indonesia. Harau diyakini berasal dari kata ‘parau’, istilah lokal yang artinya suara serak. Dulu, penduduk yang tinggal di atas Bukit Jambu sering menghadapi banjir dan longsor sehingga menimbulkan kegaduhan dan kepanikan. Penduduknya sering berteriak histeris dan akhirnya menimbulkan suara parau. Dengan ciri suara penduduknya banyak yang parau didengar maka daerah tersebut dinamakan ‘orau’ dan kemudian berubah nama menjadi ‘Arau’ hingga akhirnya penyebutan lebih sering menjadi ‘harau’.

Lembah Harau
Indahnya pemandangan alam Lembah Harau

Lembah yang dikelilingi oleh tebing-tebing cadas ini diduga merupakan sebuah lautan yang mengering. Dugaan ini semakin kuat dengan adanya temuan berupa jenis bebatuan yang biasa ditemukan di dasar laut oleh tim survei geologi dari Jerman pada tahun 1980. 

Salah satu daya tarik yang bisa Anda nikmati di lembah ini adalah keberadaan beberapa air terjun yang memiliki keindahan yang eksotis. Air terjun yang jumlahnya mencapai tujuh buah ini memiliki ketinggian yang berbeda-beda, antara 50-90 meter. Selain itu, tebing-tebing cadas berwarna kemerahan yang memagari lembah ini semakin menambah indahnya objek wisata ini. Kondisinya yang curam dengan ketinggian antara 150-200 meter merupakan tantang tersendiri bagi Anda yang menyukai olahraga panjat tebing. 

Daya tarik lain yang ditawarkan oleh objek wisata ini adalah sebuah hutan lindung. Di hutan tersebut, Anda bisa menjumpai beberapa jenis satwa langka, seperti monyet ekor panjang, harimau Sumatra, beruang, tapir, serta landak.

Lembah Harau berada di Kabupaten Lima Puluh Koto, Provinsi Sumatera Barat. Jika Anda berangkat dari Kota Padang, perjalanan bisa dilakukan dengan menempuh jalur darat menuju Kota Payakumbuh dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum yang menuju ke lokasi. 

Jika Anda ingin menginap, pihak pengelola objek wisata ini menyediakan pondok wisata dan Rumah Gadang yang bisa Anda sewa. Selain itu, Anda juga bisa menemukan banyak warung makan dengan sajian yang menggugah selera di sekitar lokasi.

Demikianlah sekilas info tentang Eksotisme Tempat Wisata Lembah Harau. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lain di Jelajah Keindahan Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.


Load disqus comments

0 komentar