Wednesday, August 26, 2015

Pantai Indrayanti Gunungkidul; Wisata Pantai Eksotis dan Romantis di Jogja

Pantai Indrayanti Gunungkidul. Pantai ini merupakan salah satu wisata pantai yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur di Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunungkidul. Sebenarnya, nama Pantai Indarayanti Gunungkidul ini diambil dari nama pemilik sebuah restoran yang ada di kawasan tersebut. 
Pantai Indrayanti Gunungkidul, Wisata Pantai Eksotis dan Romantis di Jogja
Air laut Pantai Indrayanti Gunungkidul, Jogja yang jernih

Kontroversi pun muncul karena pemerintah Kabupaten Gunungkidul sudah kadung memberikan nama Pantai Pulang Syawal. Meskipun demikian, Indrayanti yang sudah kadung familiar di kalangan penduduk lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke sana. Akhirnya, pantai yang terkenal paling bersih di Yogyakarta ini pun populer dengan sebutan Pantai Indrayanti. Kebersihan pantai ini tidak terlepas dari campur-tangan pihak swasta yang mengelolanya. Pihak pengelola tidak akan segan untuk memberi sanksi ataupun denda bagi siapapun yang membuang sampah di sana.
Terlepas dari semua kontroversi tersebut, Pantai Indarayati memiliki keindahan panorama alam yang unik jika dibanding dengan pantai-pantai lain yang di Gunungkidul. Selain bentang pasir putihnya yang mempesona atau megahnya perbukitan batuan karang yang dimilikinya, air lautnya juga terlihat sangat jernih dan biru bersih. Kondisi ini tentu saja seolah menggoda para wisatawan untuk berenang dan merasakan kejernihannya.
Air laut di Pantai Indrayanti ini memang sungguh bersih, jernih, dan alami karena belum terkontaminasi oleh limbah apapun. Inilah sebab para penikmat perjalanan selalu menyukai untuk berenang dan bermain-main air di Pantai Indrayanti tersebut.
Bagi Anda yang ingin mencoba pengalaman lain ketika berwisata ke Pantai Indrayanti, Anda bisa berjalan menuju sebuah bukit yang ada di sebelah timur pantai ini. Karena tidak ada jalan khusus, Anda harus menerobos semak dan perdu atau bahkan sesekali memanjat tebing karang. Meskipun sedikit melelahkan, semuanya akan terbayar lunas ketika Anda tiba di puncak bukit tersebut.
Dari sana, Anda bisa menikmati pemandangan indah berupa bentang Samudera Hindia yang begitu luas terhampar sepanjang horizon yang terlihat. Burung camar sesekali terbang melintas dengan paruh membawa ilalang untuk membuat sarang diselingi desau angin laut dan deru ombak. Pemandangan ini tentu saja sangat mempesona karena tidak bisa Anda dapatkan tiap hari. Anda akan merasakan suasana yang indah dan menenangkan. Menjelang senja, puncak bukit ini merupakan spot terbaik untuk menyaksikan sunset di Pantai Indrayanti yang paling eksotis.
Ketika hari beranjak malam, Anda bisa menikmati suasana yang berbeda di Pantai Indarayanti Gunungkidul. Gazebo-gazebo yang berjajar di pinggir pantai terlihat sungguh eksotis dan romantis dengan kerlip redup sinar lampu yang meneranginya.
Bagi Anda yang datang bersama dengan kekasih atau pasangan, romantisme tersebut akan semakin terasa di kawasan wisata pantai ini. Suasana ini menjadi lebih lengkap saat Anda bersantap malam bersama orang tercinta ditemani angin laut yang bertiup sepoi-sepoi dan suara ombak. Pasti akan menjadi kenangan indah yang tidak terlupakan!
Lokasi Pantai Indrayanti Gunungkidul terletak tepat di sisi timur Pantai Sundak. Keduanya dibatasi oleh perbukitan karang. Lokasi persisnya adalah Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Objek wisata pantai lain yang berdekatan dengan pantai ini adalah Pantai Baron dan Krakal. 
Untuk menuju Pantai Indrayanti Gunungkidul, perjalanan terbilang mudah karena jalan telah beraspal halus. Tetapi Anda tetap disarankan untuk membawa kendaraan sendiri atau menyewa kendaraan, sebab dari pusat kota Yogyakarta masih belum tersedia angkutan umum yang dapat mengantarkan Anda ke lokasi Pantai Indrayanti.
Jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Jogja, maka rute yang harus ditempuh adalah sebagai berikut:
YOGYAKARTA > Piyungan > Patuk > Sambipitu > Arah Hutan Bunder > Gading > Logandeng > Siyono > Bundaran Tugu BPD > Jln. Kyai Legi > Jln. Lingkar Selatan > Jln. KRT Djojodinigrat > Jln. Girisubo > WONOSARI > Jln. Saptosari > Tepus > (sebelum masuk Pantai Baron ambil ke timur arah Pantai Sundak > Somandeng > PANTAI INDRAYANTI
Setelah tiba di lokasi, setiap pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000/orang dengan tarif parkir motor Rp4.000 dan mobil ± Rp15.000.
Untuk urusan akomodasi, tempat wisata pantai ini tidak kalah dengan Pantai Parangtritis atau Malioboro. Di sini objek wisata Pantai Indrayanti Gunungkidul, Anda bisa menemukan banyak hidangan kuliner yang bisa menggugah selera. Misalnya, nasi goreng, bakso, soto, Gudeg, dan lain-lainnya. Tetapi tentu saja menu yang disajikan lebih didominasi oleh hidangan laut mengingat lokasinya yang berada di kawasan pantai.
Selain itu, Pantai Indrayanti Gunungkidul juga dilengkapi dengan sejumlah penginapan bagi Anda yang ingin menginap di sana. Tentu saja dengan tarif terjangkau. Berikut adalah daftar Penginapan-hotel yang dekat Pantai Indrayanti :
  1. Unit di Walet GH, Reservasi : 0878 3860 1129 atau 0821 3806 5501
  2. Omah Suket, Reservasi : 0821-352-55558 atau 0817-279-545.
  3. Joglo Watu Kelir, Reservasi : 0819 0404 4481 atau 0823 2737 7377.
  4. Griya Kusuma Bamboo Lengkung, reservasi : 0813 2637 1994 atau 0813 9281 4301
  5. Rock Garden Homestay & Resto, Reservasi : 082 225 317 339
Demikianlah sekilas info tentang Tempat Wisata Pantai Indrayanti Gunungkidul, Jogja. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lain di Jelajah Keindahan Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.


Load disqus comments

2 komentar