Thursday, August 20, 2015

Menyusuri Sungai Musi dan Menikmati Keindahan Jembatan Ampera

Menyusuri Sungai Musi dan Menikmati Keindahan Jembatan Ampera - Sungai Musi yang memiliki panjang 750 km ini merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sepintas, Anda beranggapan bahwa tidak ada yang menarik dari sungai ini. Akan tetapi, anggapan Anda berubah ketika Anda datang ke sana. Di sungai ini, Anda bisa menyaksikan rumah tradisional khas Palembang, yaitu Rumah Rakit. 

Sungai Musi dan Jembatan Ampera
Suasana malam hari di Jembatan Ampera, Sungai Musi, Palembang

Daya tarik lain yang bisa Anda nikmati di objek wisata ini adalah di sore hari. Saat itu, suasana di sana akan semakin ramai karena banyak orang yang ingin menyaksikan indahnya matahari tenggelam. Menjelang malam, suasana di kawasan ini akan semakin semarak dengan dinyalakannya lampu-lampu penerangan di Jembatan Ampera. Jembatan Ampera yang berada di tengah atau pusat kota dan menjadi penghubung daerah Seberang Ilir dan Seberang Ulu. Kedua daerah ini dipisahkan oleh sebuah sungai yang bernama Sungai Musi. Selain kuliner khas Palembang yang sangat populer, Jembatan Ampera sudah menjadi ikon dari Kota Palembang. Objek wisata lain yang bisa Anda kunjungi di kawasan ini adalah Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, yang lokasinya tepat berada di tepi Sungai Musi.

Pada hari-hari perayaan tertentu, misalnya Hari Peringatan Kemerdekaan Indonesia, diadakan festival air, seperti perlombaan perahu (bidar), kontes menghias perahu, perlombaan berenang menyeberangi sungai, dan lain-lain. 

Sungai Musi berada di tengah kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Lokasi ini tentu saja sangat memudahkan wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata ini. Untuk berkunjung ke Sungai Musi dan Jembatan Ampera, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya, Anda dapat bebas kapan saja datang untuk menikmati keindahan dari ikon kebanggaan masyarakat Kota Palembang ini.

Bagi Anda yang ingin menginap, di sekitar Sungai Musi terdapat banyak penginapan dengan berbagai kelas. Selain itu, Anda juga bisa menemukan banyak rumah makan dengan menu kuliner khas Palembang, seperti Pindang Ikan Patin. 

Sedangkan bagi Anda yang ingin mencari oleh-oleh, di Kota Palembang terdapat banyak toko yang menjual suvenir khas daerah ini, seperti songket dan kain jumputan.

Demikianlah sekilas info tentang Sungai Musi dan Jembatan Ampera. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lain di Jelajah Keindahan Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.


Load disqus comments

0 komentar