Wednesday, August 12, 2015

Eksotisme Tempat Wisata Taman Nasional Wakatobi

Eksotisme Tempat Wisata Taman Nasional Wakatobi - Taman Nasional Wakatobi memiliki luas area sekitar 1.39 juta ha. Taman tersebut terdiri dari empat pulau besar, yaitu: Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. 


Taman Nasional Wakatobi
Keindahan pemandangan bawah laut Taman Nasional Wakatobi

Objek wisata yang baru ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1996 ini memiliki kekayaan bawah laut yang sangat mempesona. Hal ini terlihat dari gugusan terumbu karangnya yang mencapai 112 jenis. Selain itu, perairan di daerah ini juga dihuni oleh sekitar 93 spesies ikan yang berwarna warni. Kondisi ini tentu saja sangat menggoda bagi Anda yang wisata bahari, khususnya menyelam. Kegiatan yang tidak kalah menarik untuk dilakukan di tempat wisata ini adalah snorkeling dan berenang. Ada tiga spot menarik yang bisa Anda pilih, yaitu Pulau Hoga (Resort Kaledupa), Pulau Binongko (Resort Binongko), dan Resort Tamia.

Selain itu, taman nasional ini juga menjadi habitat bagi raja udang erasia dan tiga jenis penyu, yaitu penyu sisik, penyu tempayan, dan penyu lekang. Keindahan alam di kawasan ini menjadi semakin lengkap dengan adanya beberapa jenis burung laut yang hidup di sana, seperti angsa-batu cokelat dan cerek Melayu. 

Waktu yang paling baik untuk berwisata ke Taman Nasional Wakatobi adalah dari bulan April sampai dengan bulan Juni dan Oktober sampai dengan bulan Desember setiap tahunnya. Sebab, saat itu biasanya cuaca di sana cukup bersahabat.

Taman Nasional Wakatobi berada di Kabupten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Bagi Anda yang ingin berwisata ke taman nasional ini, perjalanan bisa dimulai dari Kota Kendari. Dari kota ini, Anda harus melalui 3 tahap perjalanan. Tahap yang pertama dimulai dari Kota Kendari dengan naik pesawat atau kapal laut menuju Bau-bau. Selanjutnya, perjalanan bisa Anda lanjutkan dengan jalur darat menuju ke Lasalimu. Untuk tahap yang terakhir, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan kapal laut menuju Kota Wanci, ibukota Kabupaten Wakatobi.

Selain home stay, di Kota Wakatobi juga terdapat beberapa hotel yang bisa disewa oleh wisatawan yang ingin menginap. Sedangkan untuk masalah makan, di beberapa tempat di Wakatobi tersedia warung-warung makan yang menyajikan beraneka menu masakan laut. 

Demikianlah sekilas info tentang Eksotisme Tempat Wisata Taman Nasional Wakatobi. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lain di Jelajah Keindahan Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.



Load disqus comments

0 komentar